Cara Puasa bagi Ibu Hamil dan Tips yang Perlu Diperhatikan

| 16 Mar 2024 09:00
Cara Puasa bagi Ibu Hamil dan Tips yang Perlu Diperhatikan
Cara puasa bagi ibu hamil (unsplash)

ERA.id - Bulan suci Ramadan merupakan momen istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia untuk berpuasa. Namun, bagi ibu hamil, muncul pertanyaan, apakah aman berpuasa saat hamil? Lalu bagaimana cara puasa bagi ibu hamil?

Singkatnya adalah tergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil dan janin. Pada dasarnya, puasa saat hamil tidak dilarang, namun asalkan dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter.

Artikel ini akan membahas cara aman berpuasa di bulan ramadan bagi ibu hamil, termasuk tips dan berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Bagaimana Cara Puasa bagi Ibu Hamil?

Dilansir dari AI Care, puasa saat hamil merupakan pilihan pribadi, dan keputusan ini harus diambil dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kondisi kesehatan ibu dan janin, usia kehamilan, dan gaya hidup.

  1. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan menilai kondisi kesehatan ibu dan janin, serta memberikan saran terbaik berdasarkan situasi tubuh masing-masing.

Selain itu, dokter juga dapat membantu memantau kondisi ibu selama berpuasa dan memberikan langkah-langkah pencegahan jika terjadi komplikasi.

  1. Apakah Boleh Puasa di Trimester Kedua dan Ketiga?

Beberapa penelitian menunjukkan adanya potensi risiko bagi ibu hamil yang berpuasa di trimester kedua dan ketiga.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa puasa pada trimester kedua dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. 

Kelahiran prematur diduga berkaitan dengan perubahan kadar glukosa, insulin, dan kolesterol yang terjadi selama berpuasa.

Meskipun demikian, penelitian lain menunjukkan bahwa puasa di trimester pertama umumnya aman bagi kehamilan. Risiko komplikasi seperti keguguran atau cacat lahir tidak ditemukan meningkat pada ibu hamil yang berpuasa di trimester pertama.

  1. Ibu Hamil dengan Diabetes

Perlu diingat bahwa ibu hamil dengan diabetes gestasional atau diabetes tipe 1 dan 2 tidak direkomendasikan untuk berpuasa. Hal ini dikarenakan puasa dapat memperburuk kondisi diabetes dan membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

  1. Apakah Puasa Berpengaruh pada Berat Badan Bayi?

Penelitian tentang hubungan antara puasa dan berat badan bayi masih belum menunjukkan hasil. Namun pada beberapa studi menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada berat badan bayi.

Sementara itu, studi lain menemukan kemungkinan penurunan berat badan bayi pada ibu yang berpuasa.

Apakah Puasa Berpengaruh pada Berat Badan Bayi (unsplash)

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak jangka panjang puasa pada ibu hamil dan bayi. Namun para ahli menyarankan untuk berhati-hati dan mempertimbangkan berbagai risiko sebelum memutuskan untuk berpuasa dengan melihat kondisi kesehatan masing-masing ibu hamil.

  1. Tips Aman Puasa untuk Ibu Hamil

Jika Anda memutuskan untuk berpuasa, berikut beberapa tips aman yang perlu diperhatikan:

  • Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan sebelum memulai puasa.
  • Pastikan kondisi kesehatan Anda baik dan stabil.
  • Perhatikan asupan makanan dan minuman yang bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.
  • Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.
  • Istirahat yang cukup dan hindari aktivitas fisik yang berlebihan.
  • Segera batalkan puasa jika merasa tidak sehat, seperti pusing, lemas, atau mual.
  • Pentingnya Konsultasi dan Edukasi

Selain cara puasa bagi ibu hamil, baca juga artikel tips aman menyusui berikut: Apakah ASI Berkurang saat Puasa?

Rekomendasi