Penyedap Rasa untuk Bayi yang Aman dan Dianjurkan

| 24 Feb 2024 19:55
Penyedap Rasa untuk Bayi yang Aman dan Dianjurkan
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Makanan pendamping ASI (MPASI) bayi tentunya tidak harus hambar. Justru dianjurkan untuk menambahkan bumbu alami pada MPASI. Sebab akan memberikan banyak variasi rasa dan semakin baik untuk memperkaya citarasa Si Kecil. Namun, sebelum menambahkan bumbu alami, Anda harus memahami penyedap rasa untuk bayi yang aman. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Terlalu Sering Sajikan Makanan Hambar akan Hilangkan Nutrisi

Ketika bayi pada usia 6 bulan sudah siap diberi MPASI, tidak sedikit orang tua menyuguhkan bubur saring tanpa ada tambahan apapun. Makanan dengan jenis ini sebenarnya tidak selalu buruk untuk bayi, tetapi bila Anda terlalu sering menyediakan makanan hambar atau tidak variatif saat menyajikan makanan bayi, hal ini dapat membuat nutrisi penting hilang dan menjadikan bayi cenderung sulit menerima tekstur dan rasa yang berbeda.

Oleh sebab itu, dokter spesialis anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr. Soetomo, Dr. Irwanto dr., Sp.A(K), mengatakan, pengenalan rasa gurih melalui MPASI dapat disiasati dengan cara menambahkan penyedap rasa alami, misalnya sayuran, rempah maupun bahan alami lainnya.

“Bayi berusia enam bulan sudah bisa diperkenalkan sedikit demi sedikit dengan rasa gurih melalui penyajian MPASI. Cara ini efektif agar anak mengenal rasa tapi nggak sampai berlebihan dan bisa dibatasi,” ujar Dr. Irwanto.

Ketika Anda memperkenalkan penyedap rasa alami pada bayi sejak dini, beberapa manfaat di bawah ini bisa dirasakan Si Kecil:

  • Mengajarkan bayi merasakan makanan yang berbeda-beda.
  • Bayi terbiasa mengenal citarasa baru.
  • Memberikan manfaat kesehatan, sebab umumnya penyedap rasa alami mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk Si Kecil.
  • Membantu transisi bayi ke makanan keluarga, sebab Si Kecil akan terbiasa pada rasa tersebut dan kemungkinan besar akan menyukainya.
Ilustrasi (Freepik/pch.vector)

Penyedap Rasa untuk Bayi

Lantas, jenis apa saja penyedap rasa untuk bayi dari bahan alami? Anda dapat menambahkan bahan-bahan makanan di bawah ini pada MPASI Si Kecil:

Sayuran

Anda dapat menambahkan sayuran berupa tomat, bayam, jamur, bawang bombay, kacang hijau, dan brokoli. Tanpa tambahan gula dan garam, sayuran ini akan memberikan citarasa yang lezat setelah dimasak.

Protein hewani

Jenis protein hewani dapat berupa daging ayam, sapi, salmon, udang. Selain dapat diolah secara langsung sebagai MPASI, daging dan tulang dari protein hewani ini dapat diolah sebagai kaldu untuk meningkatkan kelezatan makanan bayi Anda. Selain rasa MPASI akan semakin lezat, kaldu ini juga akan menjadi nutrisi yang menyehatkan untuknya.

Keju

Jenis makanan ini akan memberikan rasa gurih alami untuk MPASI Si Kecil. Pada umumnya, keju memang digemari oleh anak-anak. Namun, Anda harus bisa mengolahnya agar terlihat menarik dan juga aman.

Rempah atau bumbu dapur  

Saat mengolah MPASI, Anda dapat menambahkan jahe, cengkeh, lengkuas, sereh, dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa produk yang bahannya dipilih dari rempah-rempah pilihan juga dapat menjadi penyedap rasa alami untuk makanan bayi.

Demikianlah ulasan tentang penyedap rasa untuk bayi yang dapat Anda olah secara aman. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi