Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari, Begini Efeknya pada Tubuh

| 01 Mar 2024 20:01
Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari, Begini Efeknya pada Tubuh
Minum kopi tanpa gula setiap hari (unsplash)

ERA.id - Belakangan ini, tren minum kopi tanpa gula semakin populer. Banyak orang mulai beralih dari kopi manis ke kopi pahit demi mendapatkan manfaat kesehatan yang. Lantas apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika minum kopi tanpa gula setiap hari?

Kebiasaan menambahkan gula ke dalam kopi sendiri dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Tapi, benarkah minum kopi tanpa gula setiap hari baik bagi kesehatan?

Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

  1. Membantu Pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi tanpa gula dapat bertindak sebagai pembersih lambung yang baik.

Kopi tanpa gula dapat membantu menghilangkan bakteri dan racun dari lambung Anda, yang dikeluarkan melalui urine saat Anda buang air kecil. Ini juga membantu mencegah pertumbuhan parasit berbahaya yang dapat menyebabkan masalah perut.

  1. Mencegah Penyakit Hati

Keuntungan lain yang luar biasa dari minum kopi tanpa gula berkaitan dengan kesehatan hati. Pertama, kebiasaan ini membantu mencegah kanker yang cenderung terjadi pada organ ini seiring bertambahnya usia, itulah sebabnya konsumsinya dianjurkan setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Faktanya, kopi dapat mengurangi risiko sirosis (kerusakan hati kronis) hingga hampir 80%. Hati kita melakukan hingga 500 fungsi penting, salah satu yang paling penting adalah detoksifikasi tubuh.

  1. Meningkatkan Metabolisme dan Penurunan Berat Badan

Kopi tanpa gula mengandung 5 kalori bebas lemak, namun ini berubah ketika ditambahkan pemanis. Misalnya, satu sendok teh gula dapat menambah 16 kalori ke kopi Anda, dan 2 sendok makan heavy cream menambah 101 kalori.

Maka dari itu, disarankan untuk minum kopi tanpa gula atau bahan tambahan lainnya untuk menghindari peningkatan nilai energi yang signifikan.

Oleh karena itu, jika Anda minum kopi dan sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi kopi tanpa gula, karena kalori dan lemak yang masuk bersama minuman ini akan minimal.

konsumsi kopi tanpa gula bagus untuk diet (unsplash)
  1. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Pada sebuah studi ilmiah yang dilakukan selama dua dekade menemukan bahwa, konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia pada usia tua hingga 65%.

Manusia sejatinya akan mengalami penuaan, dan minum kopi tanpa gula dapat membantu melawan penyakit yang datang seiring bertambahnya usia. Kopi sendiri membantu konsentrasi dan daya ingat, masuk akal jika kopi membantu proses penuaan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kebiasaan Ini tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk jantung Anda.

Banyak masalah jantung disebabkan oleh penyumbatan arteri, dan meningkatkan metabolisme dapat membantu mencegah penumpukan lemak dan kolesterol. Ini mencegah arteri tersumbat.

Masalah penyumbatan arteri dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa, termasuk serangan jantung. Sementara itu, kopi juga mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab lain dari masalah kardiovaskular.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah salah satu masalah yang muncul dari masalah kardiovaskular. Diabetes tipe 2 terkait dengan ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula dan insulin dalam darah.

Sebuah penelitian Harvard menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki peluang 11% lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2. Syarat ini berlaku untuk orang yang minum lebih dari satu cangkir per hari. Sementara itu, orang yang tidak minum kopi sebanyak itu memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit tersebut.

Selain minum kopi tanpa gula setiap hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi