Dihindari Saat Ibadah Puasa, 4 Minuman Bikin Cepat Haus

| 12 Mar 2024 17:45
Dihindari Saat Ibadah Puasa, 4 Minuman Bikin Cepat Haus
Ilustrasi minuman (Foto: Freepik/Freepik)

ERA.id - Banyaknya pilihan minuman saat berbuka puasa ataupun sahur seringkali membuat kalap sehingga lupa diri dengan menyantap semua jenis minuman melebihi kebutuhan tubuh. Tubuh terdiri dari hampir tujuh puluh persen air, itulah sebabnya air merupakan komponen penting dalam kehidupan sehari-hari.

Rata-rata setiap hari, setiap orang kehilangan banyak cairan tubuh melalui keringat dan urin. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengisi kembali cairan yang hilang. Namun tahukah kamu bahwa beberapa minuman yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan dehidrasi?

Ini menyebabkan tubuhmu meminta lebih banyak air setelah mengonsumsinya sehingga membuat kamu merasa haus. Air atau minum sangat penting untuk fungsi tubuh keseluruhan. Berikut 4 minuman yang membuatmu cepat haus, seperti dilansir dari laman Drink Prime.

1. Minuman kafein

Teh, kopi, dan minuman apa pun yang mengandung kafein dapat mempercepat dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi ringan, secangkir kopi dapat membuatmu merasa kering. Kafein juga bersifat diuretik sehingga membuat kamu ingin sering buang air kecil. Apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, terkadang bisa meningkatkan produksi asam lambung, sehingga menimbulkan rasa lapar.

2. Alkohol

Selain sakit kepala, mengonsumsi alkohol juga membuat tenggorokan merasa kering dan haus. Alkohol bersifat sangat diuretik dan semakin banyak meminumnya, semakin sering kamu ingin buang air kecil. Hal ini menyebabkan hilangnya cairan tubuh, yang akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan cairan dan dehidrasi. 

3. Minuman zat gula tinggi

Minuman beraroma dapat membantumu merasa segar untuk sementara. Tapi, minuman zat gula tinggi meningkatkan kehilangan cairan dalam tubuh. Minuman manis membuat asam dalam tubuh yang menghambat fungsi enzim. Minuman manis menurunkan kapasitas tubuh untuk menyimpan air. Maka dari itu, diperlukan untuk memetabolisme semua kelebihan gula. Hal ini akan membuat tubuh dehidrasi. Jadi, batasi konsumsi zat manis.

4. Minuman energi

Minuman energi pada dasarnya adalah minuman manis dengan tambahan kandungan kafein. Hal ini membuatnya mengalami dehidrasi ganda saat dikonsumsi. Kedua bahan ini berkontribusi terhadap hilangnya cairan, dan kamu akhirnya merasa lebih haus dari biasanya. Jadi, lain kali kamu merasa perlu minuman ringan, ambillah segelas besar air. 

Rekomendasi