Benarkah Menangis Menghilangkan Stres dan Apa Saja Efek yang Dihasilkan?

| 23 Mar 2024 08:33
Benarkah Menangis Menghilangkan Stres dan Apa Saja Efek yang Dihasilkan?
Benarkah menangis menghilangkan stres (unsplash)

ERA.id - Air mata seringkali diidentikkan dengan kelemahan dan kesedihan. Namun, tahukah Anda bahwa menangis sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan mental, lantas benarkah menangis menghilangkan stres?

Berikut penjelasan lebih rinci tentang manfaat menangis bagi kesehatan mental, termasuk kaitannya dengan stres.

Benarkah Menangis Menghilangkan Stres?

Dilansir dari NorthStar Transitions (sebuah yayasan yang fokus pada program rehabilitasi narkoba dan alkohol) menjelaskan manfaat menangis tanpa mengaitkannya dengan sesuatu yang negatif, tetapi lebih sebagai bantuan untuk kesehatan mental. Berikut beberapa poinnya:

  1. Detoks Tubuh

Manusia menghasilkan tiga jenis air mata yaitu refleks, basal, dan emosional, yang masing-masing berfungsi untuk membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda.

Air mata refleks membersihkan kotoran dari mata Anda, seperti asap dan debu, membantu melindunginya. Lalu air mata basal melindungi mata Anda dari infeksi dengan membuatnya tetap lembab. Terakhir air mata emosional mengandung hormon stres dan racun lain yang mereka keluarkan dari tubuh Anda.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Banyak orang mengaitkan menangis dengan perasaan sedih dan membuat mereka merasa lebih buruk. Tetapi pada kenyataannya, menangis dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda karena air mata emosional melepaskan hormon stres.

Tingkat stres Anda akan menurun saat Anda menangis, yang dapat membantu tidur lebih nyenyak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Anda akan merasa lebih baik setelah menangis setelah hormon-hormon ini meninggalkan tubuh.

  1. Menenangkan

Saat Anda menangis, sistem saraf parasimpatis (PNS) Anda aktif. PNS Anda membantu tubuh Anda mencerna makanan dan beristirahat lebih baik. Perlu diketahui, gejala stres apapun, seperti sakit perut dan gelisah, dapat diatasi setelah beberapa menit hanya dengan menangis.

  1. Menyembuhkan Duka

Jika Anda pernah melalui proses berduka, Anda mengerti bahwa dibutuhkan waktu untuk melewati berbagai tahap.

Menangis dapat membantu Anda melalui setiap langkah kesedihan karena membantu menerima kehilangan orang yang dicintai.

Meskipun menangis tidak bekerja untuk semua orang selama proses ini, beberapa orang menemukan kenyamanan dalam melepaskan emosi dan membantu mereka memproses kehilangan mereka.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Apakah Anda sedang mengalami sakit fisik atau emosional? Cobalah menangis, karena dapat membantu mengurangi keparahan rasa sakit ini.

Endorfin dilepaskan saat Anda menangis, membantu menghilangkan rasa sakit dan memberi Anda perasaan tenang secara keseluruhan. Proses ini juga berperan dalam menenangkan diri sendiri serta mengurangi intensitas rasa sakit yang dirasakan.

Menangis dapat Mengurangi Rasa Sakit (unsplash)
  1. Menyeimbangkan Emosi

Menangis sering dikaitkan dengan perasaan negatif, seperti merasa sedih, marah, kesepian, dan banyak lagi. Namun, manusia juga menangis saat mengalami kebahagiaan, ketakutan, stres, dan emosi lainnya.

Dengan demikian, menangis dapat membantu membawa keseimbangan emosional dengan membantu tubuh Anda pulih dari berbagai emosi yang kuat dan kompleks.

  1. Penanda Sesuatu yang Salah

Terkadang, Anda mungkin menekan emosi yang menyakitkan tanpa menyadarinya. Menangis dapat membantu Anda menyadari bahwa ada sesuatu yang salah, baik itu emosional atau situasi fisik yang Anda alami.

Setelah Anda menyadari bahwa sesuatu sedang terjadi, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengidentifikasi dengan tepat. Dari sana, Anda dapat mengatasi emosi Anda dengan sehat untuk menghindari penekanan lebih lanjut.

Selain benarkah menangis menghilangkan stres, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi