Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

| 22 Oct 2022 22:05
Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis
Ilustrasi menangis (Unsplash)

ERA.id - Apakah Anda sedang mengalami perpisahan yang sulit atau dalam situasi yang membuat Anda sedih? Nah, menangis adalah bagian dari kehidupan, namun Anda tidak ingin orang-orang mengetahuinya. Berikut ini cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.

Teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana Anda dapat dengan cepat meredakan gejala mata bengkak setelah menangis menggunakan barang-barang yang mungkin sudah miliki di rumah Anda.

Saat Anda menangis, cairan berkumpul di bawah kelopak mata dan di sekitar area mata. Maka dari itu, cobalah mengurangi pembengkakan dengan mendinginkan dan memindahkan cairan dari mata.

5 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

  1.  Oleskan kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Cukup ambil kain lap bersih dan basahi dengan air dingin. Duduk di tempat tidur atau di kursi yang nyaman. Pegang waslap dingin pada kulit di bawah dan di sekitar mata Anda selama beberapa menit.

Jika Anda menggunakan kompres dingin beku, pastikan untuk membungkusnya dengan handuk bersih dan kering. Jangan pernah mengoleskan es langsung ke kulit Anda.

  1. Oleskan irisan mentimun atau kantong teh

    Tempelkan timun di mata (Unsplash)

Irisan mentimun juga dapat membantu mengurangi mata bengkak dan sembab. Ambil mentimun dari lemari es Anda, cuci bersih, dan potong dua irisan 1/4 inch. Anda dapat menyimpan sisa mentimun untuk camilan. Berbaring dan simpan irisan di kelopak mata Anda sampai tidak lagi dingin.

Sebagian besar jenis teh hitam, hijau, dan putih mengandung kafein. Ada beberapa bukti ilmiah jika kantong teh dapat menembus kulit, mengurangi pembengkakan, dan meningkatkan sirkulasi.

Untuk mencoba metode ini, basahi dua kantong teh, dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata Anda selama 15 hingga 30 menit.

  1. Pijat Mata

Anda dapat meningkatkan aliran darah ke area mata dengan mengetuk atau memijat lembut. Tekanan dari jari-jari Anda dapat membantu memindahkan cairan. Gunakan bantalan lembut ujung jari Anda untuk membuat gerakan mengetuk atau menyapu di sekitar kontur di atas dan di bawah mata Anda.

Perlu diketahui, kulit di area mata Anda halus, jadi ekstra lembut dan hindari menyeret atau menarik, atau coba menggunakan krim mata yang lembut untuk membantu jari-jari Anda meluncur di atas kulit Anda.

Anda dapat mencoba ini selama beberapa menit. Tetapi jika Anda melihat ada rasa sakit atau iritasi, segera hentikan.

  1. Oleskan witch hazel

Zat ini dapat membantu mengatasi peradangan dan kemerahan dan menjadikannya pilihan yang baik untuk mengobati bengkak. Tetapi yang terbaik adalah menghindari cairan langsung di area mata sensitif Anda.

Untuk menggunakannya, basahi sedikit kapas — jangn sampai menetes — lalu tekan bantalan dengan lembut ke pipi atas Anda, jauh dari kelopak mata bawah. Luangkan waktu sejenak untuk membaca label produk terlebih dahulu untuk memeriksa apakah aman digunakan di dekat mata Anda.

  1. Gunakan alat pijat wajah

Barang-barang seperti rol wajah dan alat gua sha dapat membantu Anda memijat kulit Anda. Gunakan alat tersebut dengan minyak wajah atau serum. Beberapa pakar mengatakan terapi ini dapat membantu sirkulasi.

Jika Anda kebetulan memiliki serum mata roll-on, maka saat yang tepat untuk mencobanya. Bola logam yang dingin bisa terasa menenangkan saat menyapu area bawah mata Anda.

Selalu gunakan sentuhan ringan saat mengoleskan alat pijat ke area mata Anda, dan hentikan jika Anda merasakan sakit atau iritasi.

Selain cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi