Tips Menikmati Granola untuk Menurunkan Berat Badan

| 24 Mar 2024 04:05
Tips Menikmati Granola untuk Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi granola. (Foto: Dok. PT Timur Tengah Indonesia)

ERA.id - Granola bisa menjadi salah satu pilihan asupan tepat bagi orang yang sedang menjalankan diet atau menurunkan berat badan.

Beberapa cara makan granola untuk diet di bawah ini bisa Anda lakukan. Banyak orang yang menjadikan granola sebagai menu sarapan. Menu campuran kacang-kacangan, gandum, dan buah dapat dibuat sebagai menu sarapan sehat.

Dilansir dari Good To, granola memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang penting bagi tubuh. Contohnya mikronutrien seperti vitamin D, zat besi, dan zinc. Granola juga memiliki kandungan kadar vitamin B yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel darah merah.

Selain itu, granola juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengatasi peradangan dan memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan sel.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Tips menikmati granola untuk menurunkan berat badan

Anda bisa melakukan berbagai cara makan granola untuk diet, dikutip dari WikiHow, begini pilihan yang dapat dilakukan.

1. Jadikan camilan

Granola bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah sebagai camilan. Anda dapat mencampurnya dengan beberapa bahan sehat seperti kacang dan buah.

2. Dikonsumsi dengan susu

Anda juga dapat mencampurkan granola dengan susu secara mudah sebagai menu sarapan. Isilah mangkuk dengan 3 sdm granola, kemudian tambahkan susu secukupnya ke dalamnya. Anda pun langsung bisa menikmati hidangan ini.

3. Dibuat sereal hangat untuk sarapan

Sajian ini mirip dengan di atas. Namun, dalam sajian ini, Anda harus memasaknya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Didihkan 250 ml susu dalam panci;
  • Tambahkan 45 gram granola ke dalamnya;
  • Masak hingga susu menyerap dan mengental dengan sendirinya. Anda boleh mengaduknya sesekali;
  • Sajikan granola dalam kondisi hangat dengan irisan pisang, bubuk kayu manis, atau bahan sehat yang lain.

4. Dijadikan topping yogurt

Sajian yogurt dengan topping granola juga dapat menjadi pilihan makanan sehat. Perpaduan ini akan menjadi sajian protein sehat dan serat dari granola.

Namun, jika hendak memilih perpaduan ini, Anda disarankan untuk menambahkan yogurt Yunani tanpa rasa. Berikut caranya:

  • Tuang yogurt ke dalam mangkuk atau gelas;
  • Taburi granola di atasnya;
  • Tambah irisan buah segar, madu, atau bubuk cokelat ke dalamnya.

5. Jadikan topping smoothie

Smoothie juga sering kali dijadikan pilihan sarapan yang menyehatkan. Agar lebih mengenyangkan, Anda dapat mengombinasikannya dengan taburan granola. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  • Siapkan semangkuk smoothie;
  • Taburi granola di atasnya;
  • Tambahkan irisan buah segar atau bahan sehat lainnya.

Manfaat granola

Manfaat granola untuk diet sendiri bisa dirasakan dari gandum yang kaya dengan serat. Seperti yang diketahui, selain membantu menjaga sistem pencernaan, asupan serat juga bisa menambah rasa kenyang yang mencegah kebiasaan makan yang berlebihan.

Namun, pastikan Anda selalu memperhatikan label kemasan granola. Sebaiknya hindari granola yang mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi, yang justru dapat menjadi pemicu penambahan berat badan.

Anda disarankan mengonsumsi 45-50 gram granola per hari atau setara dengan 3 sdm. Kombinasikan dengan makanan sehat lainnya seperti yogurt dan buah untuk menyajikan porsi gizi seimbang.

Demikianlah ulasan tentang cara makan granola untuk diet, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi