Ingin Cepat Kurus Sehabis Melahirkan? Simak Tips Ini

| 09 Apr 2024 03:02
Ingin Cepat Kurus Sehabis Melahirkan? Simak Tips Ini
Ilustrasi (Freepik/valuavitaly)

ERA.id - Selain menjaga dan merawat bayi dengan sepenuh hati, para ibu pasca melahirkan tentunya memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Namun, tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa mengembalikan berat badan setelah melahirkan adalah proses yang tidak mudah. Lantas bagaimana cara cepat kurus setelah melahirkan?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Diet Setelah Melahirkan?

Mengutip laman Medline Plus, Anda bisa merencanakan diet atau menurunkan berat badan enam minggu sesudah melahirkan.

Anda mungkin dapat melakukannya lebih awal atau sebaliknya. Untuk menentukan waktu yang paling tepat bagi Anda, sebaiknya konsultasilah dengan dokter kandungan.

Apa lagi jika Anda harus melewati masa nifas setelah melahirkan. Walaupun tidak selama masa kehamilan, masa nifas tentunya bukan waktu yang tepat untuk diet.

Cara Cepat Kurus Setelah Melahirkan

Di bawah ini adalah enam tips atau cara cepat kurus setelah melahirkan.

Jaga Pola Makan Sehat

Langkah yang pertama tentunya berhubungan dengan pola makan yang sehat. Anda wajib memperbanyak konsumsi beragam jenis makanan sumber karbohidrat, protein, vitamin, lemak sehat, dan mineral. Sumber makanan bervariasi misalnya sayuran, buah, daging ayam tanpa lemak, susu, telur, daging merah tanpa lemak, dan lainnya. Selain itu, cukupi juga asupan serat yang berfungsi untuk membantu melancarkan sistem kerja pencernaan selama proses mengecilkan perut ini.  

Rutin Berolahraga

Jika Anda ingin segera perut Anda kembali ke ukuran semula, sebaiknya jangan ada istilah malas gerak. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah rutin berolahraga. Olahraga sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit perut setelah melahirkan. Karena Anda masih dalam tahap pemulihan, sebaiknya pilih olahraga yang ringan-ringan saja dan tidak terlalu berat.

Olahraga adalah salah satu cara cepat kurus setelah melahirkan. (Instagram/@andienaisyah)

Aktif Menyusui Bayi

Mengutip penelitian dari Maternal and Child Health Journal, menyusui bayi juga berpengaruh pada berat badan ibu yang melahirkan. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa wanita yang menyusui secara eksklusif akan lebih mudah menurunkan berat badan selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Selain menjadi langkah pembakaran kalori dan mengecilkan perut yang tepat, menyusui dapat mempererat bonding yang lebih dalam dengan si kecil.

Cukupi Waktu Tidur

Orang yang mempunyai waktu tidur cukup justru lebih jarang mengalami peningkatan berat badan ketimbang orang yang jarang tidur. Hal ini dikarenakan waktu tidur memberikan pengaruh terhadap hormon yang mengatur rasa lapar. Semakin sedikit waktu tidur Anda, maka semakin mudah Anda merasakan kelaparan. Sehingga, keinginan untuk makan melebihi batas pun tak dapat dihindarkan. Anda pun sulit mengembalikan ukuran perut dan menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Konsumsi Banyak Air Mineral

Setelah melahirkan, para ibu juga diharuskan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi secara optimal sepanjang hari. Sebab, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup akan  membantu menjaga elastisitas kulit Anda dan memperlancar upaya penurunan berat badan.

Dengan demikian, secara tidak langsung kebiasaan ini dapat melangsingkan perut setelah melahirkan. Anda membutuhkan asupan air mineral delapan gelas per hari. Bahkan, lebih dari itu jika Anda sedang dalam masa menyusui dan menerapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Senam Kegel

Langkah berikutnya yaitu melakukan senam kegel. Dalam senam kegel, ada bagian tubuh yang dilatih, yaitu panggul dan lutut. Manfaat dari senam kagel ini adalah mengecilkan otot-otot perut setelah melahirkan, selain itu juga membantu menguatkan otot kandung kemih. Senam kegel juga sangat baik untuk membantu meminimalkan risiko inkontinensia urin. Kondisi ini adalah salah satu masalah yang menjadi kekhawatiran para ibu setelah melahirkan.

Demikianlah ulasan tentang cara cepat kurus setelah melahirkan, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi