Efek Makan Gorengan Setiap Hari yang Perlu Diwaspadai

| 07 Apr 2024 07:08
Efek Makan Gorengan Setiap Hari yang Perlu Diwaspadai
Ilustrasi gorengan (dok. Antara Foto)

ERA.id - Makan gorengan memang nikmat. Mulai dari pisang goreng, bakwan, hingga tempe mendoan dan ikan-ikanan. Namun, banyak ahli kesehatan yang memperingatkan akan bahaya gorengan.

Apa sih bahaya dan efek sampingnya? Nah, berikut ini beberapa efek yang dapat terjadi jika terlalu sering makan gorengan:

Berat badan mudah naik

Mengonsumsi gorengan setiap hari akan menambah simpanan lemak tubuh, dan hal ini berisiko menambah berat badan. Penambahan berat badan sedikit demi sedikit tetapi berlangsung dalam waktu lama, tentu saja akan berisiko membawa ke arah obesitas.

Berisiko terkena stroke dan serangan jantung

Melansir Eatthis (05/4/2024), berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Heart, hobi makan gorengan berhubungan erat dengan meningkatnya gangguan kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Kelompok yang suka gorengan mempunyai peningkatan risiko terkena stroke dan serangan jantung sebanyak 28 persen. Selain itu, hobi mengonsumsi gorengan tanpa batas juga akan meningkatkan risiko gagal jantung. Gagal jantung sendiri merupakan gangguan kesehatan kronis dan progresif, berupa otot jantung yang tidak mampu memompa darah seperti halnya otot yang normal.

Ilustrasi gorengan (Sumber: Antara)

Berisiko terjangkit diabetes tipe 2

Masih dilansir dari Eatthis, dalam studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition disimpulkan bahwa pengonsumsian gorengan dalam frekuensi terlalu sering memberikan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi gorengan dalam frekuensi empat hingga enam kali dalam seminggu dapat menambah risiko pengembangan diabetes tipe 2 hingga sebanyak 39 persen.

Mudah berjerawat

Menurut sains, efek makan gorengan terhadap tumbuhnya jerawat akan dialami seseorang dalam jangka panjang. Masih melansir Time, jerawat akan tumbuh jika hormon atau bakteri baik dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. 

Gorengan sendiri memiliki potensi mengganggu keseimbangan kadar bakteri baik dalam tubuh. Dengan demikian, jika Anda makan gorengan setiap hari, wajah Anda berisiko akan lebih mudah ditumbuhi jerawat.

Berisiko mengalami gangguan pencernaan

Melansir Time, Ayla Barmmer, ahli gizi dari Boston, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa ketika seseorang terlalu banyak makan gorengan, maka kandungan lemak dari gorengan akan membuat saluran cerna bekerja lebih berat. Di antara karbohidrat dan protein, lemak merupakan kandungan yang paling sulit dicerna dan dirombak oleh tubuh.

Untuk merombak kandungan lemak, saluran cerna memerlukan banyak enzim khusus. Ketika Anda memasukkan lemak terlalu banyak dari kudapan gorengan, maka saluran cerna akan bekerja terlalu lama. Hal ini akan menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain diare, mual, perut begah, dan rasa tak nyaman di sekitar perut.

Imunitas menurun, tubuh jadi mudah sakit

Gorengan tidak mengandung lemak baik, seperti yang terkandung dalam alpukat, butter, dan berbagai jenis ikan. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gorengan, maka keseimbangan bakteri baik di dalam usus dapat terganggu. Hal ini tentunya akan memengaruhi sistem imun tubuh.

Nah, demikianlah efek makan gorengan setiap hari. Bagi Anda yang mencita-citakan hidup sehat, sebaiknya batasa konsumsi kudapan dan menu gorengan yang ada.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi