Tanaman Sayur yang Cepat Panen, Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

| 09 May 2024 17:30
Tanaman Sayur yang Cepat Panen, Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah
Tanaman sayur yang cepat panen (unsplash)

ERA.id - Memiliki kebun sayur sendiri di rumah merupakan sebuah solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi segar dan cepat. Untuk itu Anda setidaknya tahu beberapa tanaman sayur yang cepat panen berikut.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati hasil panen dalam waktu singkat, terdapat beberapa pilihan tanaman sayur yang mudah ditanam dan cepat panen. Penasaran? Berikut ini beberapa di antaranya.

Tanaman sayur yang cepat panen

Dilansir dari Homes and Gardens, berikut ini beberapa tanaman yang cepat tumbuh dan dapat Anda tanam di kebun pribadi:

  1. Lobak (Siap Panen: 20-25 Hari)

Lobak adalah salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat dan dapat ditanam di tanah atau di bedengan yang ditinggikan, pot, atau wadah.  Caranya taburkan benih tipis-tipis dan jarangi bibit hingga terpisah satu inci. Siram secara teratur dan panen saat lobak berdiameter sekitar satu inci.

  1. Selada (Siap Panen: 28-42 Hari)

Ada banyak varietas selada dan menariknya menjadi salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat yang bisa Anda coba. Namun saat menanam selada, tanamlah secara bertahap agar mendapatkan pasokan daun segar yang konsisten.

Taburkan benih langsung di tempat tumbuh selada dan jarangi hingga sekitar lima inci terpisah. Jaga tanah tetap lembab untuk membantu mencegah selada berbunga. Anda bisa menanam selada potong yang dapat menghasilkan panen lebih cepat beberapa kali.

  1. Kale (Siap Panen: 30-60 Hari)

Kale adalah tanaman jenis brassica yang kuat dan datang dalam banyak warna dan ukuran. Menariknya, sayuran ini dapat dipanen dengan cepat sebagai daun muda. Kale muda sangat empuk dan mengandung semua nutrisi yang ditemukan dalam kale dewasa.

Menanam kale sangat mudah karena bisa langsung ditanam di tanah atau di dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini dapat dipanen dalam waktu lama dengan memetik daun bagian luarnya saja. Daun kale muda siap dipetik jika sudah seukuran telapak tangan Anda.

  1. Bayam, Siap Panen (50-70 Hari)

Bayam kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dan menariknya dapat dipetik muda untuk dimakan mentah. Cara untuk menanam bayam, Anda dapat menaburkan benih dengan jarak sekitar satu inci dan jarangi hingga tanaman berjarak sekitar 10 inci.

Daun dapat dipetik sebagai ‘baby’ dengan mengambil panen kecil dari setiap tanaman dan bayam akan terus menghasilkan daun baru.

Cara menanam bayam (unsplash)
  1. Wortel (Siap Panen: 50-80 Hari)

Varietas wortel awal yang lebih kecil dapat ditanam mulai dari awal musim semi dan menghasilkan akar yang manis dan renyah dalam waktu kurang dari dua bulan.

Untuk menanam wortel, taburkan benih tipis-tipis sekitar dua inci dan sirami dengan baik. Jenis wortel baby adalah yang paling cepat siap panen, sedangkan varietas lain seperti ‘Early Nantes’ baru bisa siap panen dalam waktu sekitar 70 hari.

  1. Daun Bawang (Siap Panen: 60 Hari)

Daun bawang yang juga dikenal sebagai bawang musim semi atau bawang ikat adalah jenis sayuran yang dapat  tumbuh cepat. Bagian dari tanaman ini yang dipanen hanyalah batangnya yang putih ramping.

Selain tanaman sayur yang cepat panen, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi