Teknik Pijat Wajah yang Populer dan Aman Dilakukan di Rumah

| 08 May 2024 08:30
Teknik Pijat Wajah yang Populer dan Aman Dilakukan di Rumah
Teknik pijat wajah (unsplash)

ERA.id - Polusi, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kondisi kulit. Untuk itu, teknik pijat wajah menjadi solusi alami untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan kulit.

Pijat wajah adalah teknik yang melibatkan stimulasi pada titik-titik akupresur di wajah dengan menggunakan jari tangan atau alat khusus.

Berbagai teknik pijat dalam artikel ini tidak hanya memberikan relaksasi pada otot-otot wajah, tetapi juga meningkatkan aliran darah dan oksigen. Selain itu, pijatan juga dapat merangsang produksi kolagen dan elastin, serta membantu mengeluarkan racun dari dalam kulit.

Macam-macam teknik pijat wajah yang umum dilakukan

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari pijatan wajah dalam perawatan kulit profesional, memilih jenis pijatan yang tepat akan menjadi kunci. Jika Anda baru mengenal pijatan wajah, ada baiknya untuk memulai dengan hanya satu metode.

Kemudian, setelah Anda merasa percaya diri dengan teknik Anda, Anda dapat mulai mempelajari metode lainnya dan bahkan mulai menggabungkannya. Dilansir dari California Skincare Supply, berikut ini beberapa jenis pijatan wajah paling populer:

  1. Drainase Limfatik Manual (DLM)

Meskipun sebagian besar teknik pijatan wajah memfasilitasi drainase limfatik, DLM adalah teknik khusus yang menggunakan gerakan bertekanan sangat ringan untuk merangsang sistem limfatik.

Teknik ini ideal untuk menenangkan kondisi kulit inflamasi seperti jerawat, tetapi juga dapat bermanfaat bagi semua jenis kulit.

  1. Gua Sha

Berasal dari pengobatan tradisional Tiongkok dan ritual kecantikan kuno, gua sha adalah jenis pijatan yang menggunakan alat batu pipih untuk membelai kulit, mendorong sirkulasi, dan drainase limfatik.

Dalam protokol sculpting, teknik ini bekerja dengan baik untuk mengurangi bengkak dan membuat kulit tampak berkontur sempurna.

Sebelum melanjutkan, bagi Anda yang tertarik dengan perawatan alami, Anda juga dapat mencoba melakukan Gerakan Yoga Wajah!

Alat-alat Gua Sha (unsplash)
  1. Jaringan ikat

Bekerja untuk mengurangi dan melepaskan ketegangan pada otot wajah, jaringan ikat adalah jenis pijatan wajah tingkat lanjut yang melibatkan peregangan fasia yang ketat secara lembut dan strategis.

Teknik pijatan wajah ini bisa menjadi pilihan tepat untuk manajemen usia karena meningkatkan sirkulasi ke kulit dan mendorong peremajaan pada tingkat sel.

  1. Pijat pengencangan

Pijat pengencangan menggabungkan elemen drainase limfatik dan pijat jaringan ikat tetapi juga berfokus pada gerakan effleurage yang intens untuk memberi energi pada kulit.

Selain itu, teknik pijatan ini mungkin juga menggunakan teknik lanjutan seperti pijatan buccal untuk melepaskan ketegangan di rahang dan menciptakan efek facelift alami.

  1. Akupresur

Jangan bingung dengan akupunktur yang menggunakan jarum untuk mengakses berbagai meridian dalam tubuh, akupresur wajah bekerja pada prinsip yang sama tetapi hanya menggunakan sentuhan ringan dari ujung jari .

Teknik ini memberikan pijatan wajah untuk merawat kulit secara holistik dan meningkatkan keseimbangan dalam tubuh.

Namun meskipun para ahli membuat berbagai teknik pijatan di atas terlihat mudah, namun untuk menguasainya membutuhkan banyak latihan dan pengetahuan yang didapat tentang teknik yang tepat.

Maka dari itu, daripada mengerjakannya asal-asalan, bergabung dengan kursus kusus tentang pijat wajah sangat direkomendasikan. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk memperoleh kepercayaan lebih dari klien.

Beberapa pilihan yang bisa dilakukan agar Anda menjadi ahli pijat wajah termasuk mendapatkan sertifikasi lanjutan, menghadiri pelatihan khusus, mengikuti ahli lain di industri ini, atau mengambil kursus online.

Selain teknik pijat wajah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi