Apa yang Dimaksud NICU dan Perbedaannya dengan ICU

| 15 Jun 2024 09:00
Apa yang Dimaksud NICU dan Perbedaannya dengan ICU
Ilustrasi ruang rawat di rumah sakit (freepik)

ERA.id - Istilah NICU dan ICU, kerap terdengar ketika di rumah sakit. Keduanya sama-sama merujuk pada jenis perawatan intensif. Lantas apa bedanya NICE dengan ICU?

NICU dan ICU merujuk pada unit perawatan intensif, namun dengan fokus yang berbeda. Artikel ini akan mengupas tuntas apa yang dimaksud NICU dan ICU, serta perbedaan di antara keduanya.

Apa yang Dimaksud NICU?

Dilansir dari laman Stanford Children's, bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan medis intensif sering ditempatkan di ruang khusus rumah sakit yang disebut Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

NICU sendiri memiliki teknologi canggih dan tenaga kesehatan terlatih untuk memberikan perawatan khusus bagi pasien terkecil.

Selain itu, NICU juga memiliki area perawatan untuk bayi yang tidak terlalu sakit tetapi tetap membutuhkan perawatan keperawatan khusus. Namun beberapa rumah sakit tidak memiliki staf untuk NICU dan bayi harus dipindahkan ke rumah sakit lain.

Perlu diketahui, bayi yang membutuhkan perawatan intensif akan lebih baik jika dilahirkan di rumah sakit dengan NICU daripada dipindahkan setelah lahir. Beberapa bayi baru lahir akan membutuhkan perawatan di NICU, di antaranya bayi yang sakit atau prematur.

Bayi yang membutuhkan perawatan khusus di NICU (freepik)

Bayi yang membutuhkan perawatan khusus di NICU

Sebagian besar bayi yang dirawat di NICU adalah prematur (lahir sebelum 37 minggu kehamilan) dam memiliki berat lahir rendah (kurang dari 2,5 kilogram), atau memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan khusus.

Selain itu, bayi dengan kondisi kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung, infeksi, atau cacat lahir juga dirawat di NICU.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menempatkan bayi pada risiko tinggi dan memungkinan dirawat di NICU, di anaranya:

  • Kelahiran prematur
  • Berat badan lahir rendah
  • Bayi kembar atau triplet
  • Kondisi kesehatan (gangguan pernapasan, infeksi, cacat jantung, cacat lahir, kejang)
  • Memerlukan obat-obatan atau resusitasi di ruang bersalin
  • Membutuhkan terapi infus, oksigen ekstra atau pemantauan, atau obat-obatan

Menurut University of Utah Health, tingkat kelangsungan hidup bayi Anda di NICU adalah 80 hingga 90 persen pada usia 28 minggu. Beberapa penelitian klinis bahkan memiliki data yang lebih menjanjikan, dengan menunjukkan tingkat kelangsungan hidup 94 persen hingga 98 persen pada usia yang sama.

Sementara itu, hanya 10 persen bayi yang lahir pada usia 28 minggu berisiko mengalami komplikasi jangka panjang, dengan beberapa gejala termasuk:

  • masalah pernapasan
  • infeksi
  • masalah pencernaan
  • masalah darah
  • masalah ginjal
  • masalah otak dan sistem saraf seperti kejang

Dengan demikian, melalui perawatan dan layanan yang diberikan di NICU, bayi baru lahir dapat menerima perawatan di lingkungan yang dirancang khusus untuk tubuh dan kebutuhan mereka.

Perbedaan antara NICU dan ICU

Baik NICU dan ICU sama-sama merawat pasien yang sakit kritis, tetapi NICU dirancang untuk merawat bayi baru lahir, sedangkan ICU ditujukan untuk orang dewasa.

NICU dan ICU memiliki beberapa perbedaan seperti tempat tidur, peralatan, serta pengawasan karena bayi baru lahir tidak dapat mengungkapkan ketidaknyamanan mereka secara verbal sementara pasien dewasa bisa.

Selain apa yang dimaksud nicu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi