Apa Itu Bentuk Tubuh Piknikus? Begini Karakteristiknya

| 29 Jun 2024 08:32
Apa Itu Bentuk Tubuh Piknikus? Begini Karakteristiknya
Ilustrasi bentuk tubuh piknikus (Freepik)

ERA.id - Setiap orang dilahirkan ke dengan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Selain gemuk dan kurus atau tinggi dan pendek, tipe bentuk tubuh dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan genetik, yaitu ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Selain itu, ada juga istilah bentuk tubuh piknikus. 

Banyak orang masih asing dengan apa itu bentuk tubuh piknikus. Bentuk badan piknikus kerap dihubungkan dengan tipe tubuh endomorf. Penting bagi setiap orang mengetahui bentuk tubuh masing-masing untuk mengetahui pola hidup sehat yang cocok diterapkan. 

Selain itu, tipe tubuh juga memiliki kaitan dengan risiko kesehatan masing-masing. 

Setiap bentuk tubuh memiliki karakter perkembangan dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu sekali mengenali apa itu bentuk tubuh piknikus dan karakteristiknya. 

Apa Itu Bentuk Tubuh Piknikus?

Bentuk badan piknikus adalah salah satu dari beberapa tipe tubuh yang dikategorikan berdasarkan konstitusi fisik atau somatotipe. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang psikolog Amerika bernama William Herbert Sheldon pada tahun 1940-an. 

Sheldon mengklasifikasikan tubuh manusia ke dalam tiga somatotipe utama: endomorf, mesomorf, dan ektomorf. Bentuk badan piknikus sering dihubungkan dengan somatotipe endomorf.

Ilustrasi bentuk tubuh piknikus (Freepik)

Karakter Bentuk Tubuh Piknikus

Berikut adalah karakteristik utama dari bentuk badan piknikus atau endomorf:

Tipe Tubuh

Orang dengan tubuh piknikus cenderung memiliki tubuh yang lebih bulat dan berisi. Mereka biasanya memiliki perut yang lebih besar dan lemak tubuh yang lebih tinggi.

Metabolisme

Orang dengan tipe tubuh ini biasanya memiliki metabolisme yang lebih lambat, sehingga lebih mudah untuk menambah berat badan dan lebih sulit untuk menguranginya.

Struktur Tulang

Tulang-tulang tubuh tipe piknikus cenderung lebih besar dan kuat, dengan lebar pinggul dan bahu yang lebih lebar.

Sifat dan Perilaku

Sheldon juga mengaitkan somatotipe dengan sifat psikologis tertentu. Menurutnya, orang dengan tipe tubuh piknikus cenderung lebih santai, ramah, dan menyukai kenyamanan.

Mengenal Tiga Tipe Bentuk Tubuh 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengetahuan umum mengenalkan adanya tiga tipe bentuk tubuh berdasarkan somatipe yang diperkenalkan oleh psikolog William Herbert Sheldon. Tiga jenis bentuk tubuh tersebut, yaitu ektomorf, endomorf, dan mesomorf.

Tipe tubuh seseorang ditentukan oleh gen dan hormon yang dihasilkan selama masa pubertas. Faktor genetik berperan penting dalam terbentuknya tipe tubuh setiap orang. Tipe bentuk tubuh ini tidak hanya membedakan dari segi visual yang dilihat dari ukuran atau tampilannya, namun juga risiko akan kesehatan yang dapat terjadi. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing karakter tipe bentuk tubuh ektomorf, endomorf, dan mesomorf:

Ektomorf

Tipe tubuh ini cenderung terlihat sangat kurus secara alami. Orang dengan tipe ini biasanya memiliki tubuh yang tinggi serta lengan dan kaki yang panjang. Mereka juga biasanya sulit menambah otot dan lemak. Orang dengan tipe tubuh Ectomorph harus memusatkan perhatian pada latihan beban yang cukup berat.

Endomorf

Tipe tubuh ini berada di antara ectomorph yang sangat kurus dan tipe tubuh yang kelebihan berat badan. Jadi bisa dibilang tipe tubuh endomorf memiliki bentuk badan yang sedang. Mereka dapat dengan mudah menambah atau mengurangi berat badan dan cepat membentuk otot. 

Mesomorf

Tipe tubuh ini secara alami lebih besar dibandingkan dengan tipe tubuh lainnya. Biasanya mereka memiliki postur yang pendek hingga sedang dengan lengan dan kaki yang lebih pendek (rata-rata). Mereka cepat dalam membentuk massa otot, tetapi sulit menurunkan berat badan karena cenderung menyimpan lebih banyak lemak.

Individu dengan tipe tubuh Endomorph dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak memberikan tekanan berlebih pada tulang, serta aktivitas fisik dengan durasi yang agak panjang namun tidak berlebihan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu bentuk tubuh piknikus dan karakteristiknya. Setiap bentuk tubuh memiliki kondisi dan kemampuannya masing-masing yang penting dipahami masing-masing orang. Baca juga tips memiliuh model pakaian sesuai bentuk tubuh.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi