5 Titik Refleksi Kaki untuk Asam Urat, Mana Saja yang Dipijat?

| 14 Jul 2024 22:00
5 Titik Refleksi Kaki untuk Asam Urat, Mana Saja yang Dipijat?
Ilustrasi titik refleksi kaki untuk asam urat (Freepik)

ERA.id - Penyakit asam urat diderita oleh tidak sedikit orang di Indonesia. Masalah kesehatan ini menimbulkan gejala yang cukup bikin sakit hingga mengganggu aktivitas pengidapnya. Banyak penderita asam urat yang mengeluhkan nyeri sendi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan serangan asam urat, mulai dari konsumsi obat-obatan hingga treatment medis. Selain itu, gejala asam urat juga bisa diatasi dengan cara alami melalui refleksi di bagian kaki. 

Tidak sedikit penderita asam urat yang menjalani pemijatan di kaki untuk meringankan gejala asam urat. Kaki memang menjadi bagian tubuh yang kerap terkena nyeri akibat asam urat. Jika Anda ingin menjalani metode pengobatan ini, lantas mana saja titik refleksi kaki untuk asam urat?

Ilustrasi titik refleksi kaki untuk asam urat (Freepik)

Titik Pijat Asam Urat di Bagian Kaki

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh terbentuknya kristal kecil di dalam atau sekitar persendian. Penyakit ini berkaitan dengan radang sendi yang gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba, termasuk di bagian kaki penderitanya. 

Gejala asam urat yang terasa nyeri bisa diredakan dengan melakukan pijat refleksi di area kaki. Berikut ini beberapa titik refleksi kaki untuk meringankan gejala akibat asam urat:

Titik Fenglong

Titik pijat Fenglong dikenal efektif dalam mengurangi penyumbatan akibat asam urat dan berhubungan dengan perut serta limpa. Titik ini sering digunakan untuk mengobati asam urat dengan pijatan refleksi di kaki. 

Titik Fenglong terletak di bagian depan dan luar betis, sekitar delapan inci di atas ujung malleolus luar dengan jarak dua jari dari tepi depan tulang tibia.

Titik Jiexi

Titik pijat lainnya untuk asam urat adalah titik Jiexi yang terletak di depan sendi pergelangan kaki. Pemijatan pada bagian ini juga memiliki manfaat serupa dengan titik Zu San Li dalam meredakan nyeri.

Letaknya yang berada di dekat sendi pergelangan kaki membuatnya efektif untuk mengobati masalah pada sendi pergelangan kaki. 

Titik Zhubin

Titik Zhubin dikenal sebagai titik utama untuk detoksifikasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan menghilangkan darah statis. Titik ini berada di bagian sisi dalam betis, di bawa cekungan betis. Dalam TCM titik Zhubin dikenal dengan letaknya yang berada 5 inci di atas titik Taixi.

Titik Zhubin diyakini sebagai titik pijat untuk mengatasi asam urat yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar.  Pemijatan pada titik ini juga bermanfaat untuk mengurangi kelembapan berlebih, menghilangkan dahak, dan mengurangi rasa sakit.

Titik Zu San Li

Pemijatan refleksi kaki pada titik Zu San li dapat meredakan serangan asam urat yang sering kali sangat menyakitkan. Titik ini berada di sekitar empat jari di bawah lutut. Pijatan pada titik ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan otot. 

Titik Xuehai

Titik Xuehai dikenal sangat efektif dalam mengurangi serangan asam urat karena lokasinya yang merupakan pusat peredaran darah. Dengan memijat titik ini diyakini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. 

Titik Xuehai terletak di paha depan, dua inci di atas lutut. Penting untuk diketahui, memijat titik-titik sengat baik dilakukan karena dapat membantu melancarkan peredaran darah dan meluruhkan kristal asam urat yang terbentuk di sendi.

Demikianlah beberapa titik refleksi kaki untuk asam urat yang perlu dipahami penderita penyakit ini. Memijat sejumlah titik di kaki tersebut bisa membantu meredakan gejala asam urat yang terasa mengganggu dan menyakitkan. Namun sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter apabila gejala terasa cukup parah. Baca juga cara mengatasi nyeri asam urat di rumah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi