Viral Ibu Kost Gerebek Indekos Kayak Kapal Pecah, Kenali Penyebab dan Gejala Hoarding Disorder

| 17 Jul 2024 10:50
Viral Ibu Kost Gerebek Indekos Kayak Kapal Pecah, Kenali Penyebab dan Gejala Hoarding Disorder
Ilustrasi Hoarding Disorder (Unsplash)

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video viral ibu kost yang gerebek kamar penghuni dipenuhi sampah bak kapal pecah. Selain sampah, benda-benda juga berserakan di dalam kamar kos. 

Seluruh sisi ruangan dipenuhi sampah dan barang menumpuk hingga sulit untuk dilewati. Dalam narasi pengunggah, diduga pemilik indekos tersebut mengidap hoarding disorder. Lantas apa itu hoarding disorder?

Dilansir dari laman Mayo Clinic, hoarding disorder merupakan perilaku seseorang yang kesulitan untuk membuang sampah atau tidak bisa berpisah dengan barang pribadinya.

Mereka punya kecenderungan dna mengalami kesulitan saat menyingkirkan barang-barang. Mereka memilih menyimpan atau mengumpulkan barang tersebut hingga menjadi tumpukan. 

Penimbunan sering menciptakan kondisi kehidupan yang sangat sempit dengan jalur jalan sempit dan berkelok-kelok melalui tumpukan sampah dan barang.

Meja, wastafel, kompor, meja, tangga, dan semua permukaan lainnya biasanya ditumpuk dengan barang-barang. Kamu mungkin tidak dapat menggunakan beberapa area untuk tujuan yang dimaksudkan. 

Dalam beberapa kasus, hoarding disorder mungkin tidak memiliki banyak dampak pada kehidupan pribadinya. Namun, dalam kasus lain hal itu secara serius mempengaruhi kehidupan orang lain. Orang dengan gangguan hoarding disorder ini mungkin tidak melihatnya sebagai masalah.  

Tetapi perawatan dari psikolog dapat membantu mereka memahami bagaimana keyakinan dan perilaku dapat diubah, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih aman dan menyenangkan.

Gejala hoarding disorder

Hoarding Disorder
Hoarding Disorder (Freepik)

Gejala pertama gangguan hoarding disorder sering muncul selama masa remaja hingga awal dewasa. Mereka mendapatkan dan menyimpan terlalu banyak barang, secara bertahap membangun kekacauan di ruang hidup, dan mengalami kesulitan untuk menyingkirkan barang-barang.

Seiring bertambahnya usia, mereka terus mendapatkan dan memegang hal-hal yang mungkin tidak pernah digunakan dan tidak memiliki ruang untuk itu. Pada usia paruh baya, kekacauan bisa menjadi luar biasa karena gejala menjadi lebih parah dan semakin sulit untuk diobati.

Masalah dengan hoarding disorder secara bertahap berkembang dari waktu ke waktu serta cenderung menjadi perilaku si pengidapnya.

Seringkali, kekacauan besar telah berkembang hingga mencuri perhatian orang lain dan orang-orang di sekitarnya. Gejala hoarding disorder termasuk:

  • Mendapatkan dan menyimpan terlalu banyak barang yang mungkin tidak dibutuhkan saat ini dan tidak memiliki ruang untuk itu.
  • Kesulitan membuang atau berpisah dengan barang-barangnya, terlepas dari nilai sebenarnya.
  • Merasa perlu menyimpan barang-barang ini dan kesal dengan pemikiran untuk menyingkirkannya.
  • Membangun kekacauan ke titik di mana mereka tidak dapat menggunakan kamar dengan baik.
  • Mencoba untuk menjadi sempurna dan menghindari atau menunda keputusan.
  • Masalah dengan perencanaan dan pengorganisasian. 

Mereka juga sering memiliki terlalu banyak barang dan menolak untuk membuang sampah hingga barang-barang, sehingga perilaku itu memicu:

  • Tumpukan sampah dan barang tidak teratur, seperti koran, pakaian, dokumen, buku atau barang sentimental.
  • Barang-barang yang memadati dan mengacaukan ruang berjalan dan ruang tamu. Kamar tidak dapat digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan, seperti tidak dapat tidur di tempat tidur.
  • Penumpukan makanan atau sampah ke tingkat yang besar dan tidak bersih.
  • Kesulitan atau menjaga diri mereka, orang lain dan hewan peliharaan. Sehingga, mereka merasa semuanya harus ada di dalam rumah .
  • Konflik dengan orang lain yang mencoba mengurangi atau menghilangkan kekacauan.
  • Masalah hubungan, menghindari kegiatan sosial dan masalah pekerjaan.
  • Kesulitan mengatur barang dan terkadang kehilangan barang penting menjadi kekacauan.

Dengan banyaknya penimbunan, barang biasanya disimpan karena hal-hal berikut:

  • Mereka percaya barang-barang ini unik atau akan membutuhkannya di beberapa titik di masa depan.
  • Mereka merasa terhubung secara emosional dengan barang-barang yang mengingatkan pada saat-saat bahagia atau mewakili orang atau hewan peliharaan yang dicintai.
  • Mereka merasa aman dan terhibur ketika dikelilingi oleh berbagai hal.
  • Mereka tak ingin menyia-nyiakan apa pun.

Penyebab hoarding disorder

Tidak jelas apa yang menyebabkan gangguan penimbunan. Genetika, fungsi otak dan kehidupan yang penuh tekanan sedang dipelajari sebagai kemungkinan penyebab dari hoarding disorder.

Faktor Risiko 

Penimbunan biasanya dimulai sekitar usia 15 hingga 19 tahun. Itu cenderung memburuk seiring bertambahnya usia. Penimbunan lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua daripada orang dewasa yang lebih muda.

Faktor risiko termasuk:

Kepribadian

Banyak orang yang memiliki gangguan penimbunan memiliki gaya perilaku yang mencakup kesulitan membuat keputusan dan masalah dengan perhatian, organisasi dan pemecahan masalah.

Riwayat keluarga

Ada hubungan yang kuat antara memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan hoarding disorder dan memiliki gangguan itu sendiri.

Peristiwa kehidupan yang menegangkan

Beberapa orang mengalami gangguan penimbunan setelah mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan yang sulit mereka atasi, seperti kematian orang yang dicintai, perceraian atau kehilangan harta benda dalam kebakaran.

Pencegahan

Lantaran sedikit yang dipahami tentang apa yang menyebabkan gangguan penimbunan, tidak ada cara yang diketahui untuk mencegahnya. Namun, seperti halnya banyak kondisi kesehatan mental, mendapatkan perawatan pada psikolog dapat membantu mencegah hoarding disorder agar tidak menjadi lebih buruk.

Rekomendasi