Teknologi Baru, Ventilator Bisa Bantu Pernapasan Pasien COVID-19

| 27 Sep 2020 20:10
Teknologi Baru, Ventilator Bisa Bantu Pernapasan Pasien COVID-19
Ventilator (Dok. Venindo Team)

ERA.id - Seiring berkembangnya situasi pandemi COVID-19 di Indonesia pada saat ini, rumah sakit atau pusat kesehatan di Indonesia menghadapi peningkatan angka hunian tempat tidur (BOR). Rumah sakit dan pusat kesehatan menghadapi tantangan keterbatasan peralatan medis seperti ventilator, yang merupakan salah satu perangkat penting untuk mendukung sistem pernapasan bagi pasien karena infeksi COVID-19.

Untuk menjawab urgensi kebutuhan pasokan alat medis pada masa pandemi ini, Departemen Perindustrian Indonesia merangkul produsen otomotif lokal untuk membantu dalam memproduksi ventilator. Sebagai bentuk respon, produsen otomotif lokal bekerja sama dengan innovator ventilator lokal dan beberapa Universitas ternama di Indonesia untuk membentuk kelompok proyek ventilator yang dinamai dengan Venindo Team (Tim Ventilator Indonesia).

Untuk mempercepat proses pengembangan, tim Venindo mengundang Omron yang merupakan salah satu pemain utama dalam industri otomasi untuk bergabung pada pengembangan ventilator.

Omron diberikan kesempatan untuk memasukkan komponen penting dalam pengembangan ventilator yaitu PC Industri seri NY dengan fungsi layar sentuh. Seperti yang kita ketahui, ventilator adalah mesin yang memiliki kompleksitas tinggi, dimana PC Industri seri NY dapat berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen dengan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh pasien dan komponen ini dapat memberikan alarm mengenai tanda vital kepada perawat, dokter, dan professional kesehatan jika terdeteksi abnormalitas pada pasien.

Fitur lain yang sangat berguna dari PC Industri seri NY Omron ini adalah kemampuannya untuk diintegrasikan dengan platform Internet of Things (IoT). Dengan integrasi secara vertikal, PC Industri ini dapat memberikan data dari mesin ventilator langsung ke sistem IT. Sehingga, ilmuan medis dapat mengumpulkan data dari ventilator,menyimpannya ke Cloud dengan menggunakan port Ethernet dan menganalisa data tersebut untuk menciptakan perawatan yang lebih baik bagi pasien dimasa depan.

“Terinspirasi dengan misi perusahaan kami dalam meningkatkan kehidupan dan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat, tujuan kami berkolaborasi di dalam proyek ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam menciptakan mesin pernapasan terbaik sehingga dapat membantu semua orang yang membutuhkannya terutama pada masa pandemi ini. Kami sangat senang bekerja bersama dengan Tim Venindo dengan menawarkan teknologi otomatisasi kami yang serbaguna dan andal. Kami juga berkomitmen untuk mendukung proyek ini dengan memastikan pemenuhan rantai pasokan barang dan menjamin kualitas barang sesuai dengan yang diekspektasikan oleh mitra kami”, ujar Don Teng, Managing Director dari PT. OMRON Electronics – Indonesia dalam siaran pers yang diterima Era.id.

Dengan mitra yang memiliki pemahaman yang sama, perancangan dan pembuatan prototipe berjalan dengan sangat lancar. Ventilator ini telah lulus serangkaian uji coba dari lembaga BPFK Surabaya (Badan Pengaman Fasilitas Kesehatan) dan saat ini sedang menjalani uji coba klinis untuk mendaptkan sertifikasi sebagai peralatan medis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tags : covid-19
Rekomendasi