Ini Khasiat Buah Pohon Zuriat bagi Kesehatan dan Kesuburan Kaum Hawa

Tim Editor

Buah Zuriat. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Memiliki momongan adalah cita-cita terbesar bagi sebagian besar pasangan di seluruh dunia. Sayangnya anugerah tersebut tidak didapatkan oleh semua orang karena alasan tertentu, salah satunya karena faktor kesuburan. Bagi kaum hawa, kesuburan bisa ditingkatkan dengan banyak cara, termasuk dengan memanfaatkan pohon zuriat.

Mungkin bagi beberapa orang pohon ini masih sangat asing di telinga. Hal itu wajar terjadi karena zuriat bukan dari Indonesia. Pohon zuriat adalah tanaman yang berasal dari Mesir Hulu, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, dan Tanzania.

Agar lebih mengenal pohon zuriat, kami akan memberikan informasi mengenai pohon tersebut, baik informasi mengenai pohon dan khasiatnya bagi kesehatan dan kesuburan.

Apa Itu Pohon Buah Zuriat?

Seperti yang telah dijelaskan di awal, pohon buah zuriat adalah pohon yang tumbuh di iklim panas, salah satunya mesir. Pohon ini memiliki nama latin Hyphaene Thebaica yang masih sejenis dengan pohon palem. Dalam bahasa Inggris pohon ini disebut dengan doum nut yang dieja dengan “dhoum nut”, atau the nut of the doum palm.

Pohon zuriat ini ternyata disebut dengan nama pohon jahe. Berbeda dengan tumbuhan jahe yang ada di Indonesia, tinggi pohon zuriat bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15,2 meter. Mengutip dari Wikipedia, batang pohonnya tidak hanya tinggi namun juga tebal karena ketebalannya bisa mencapai 90 cm.

Hampir sama dengan pohon kelapa di Indonesia, masyarakat sekitar memanfaatkan pohon ini dengan maksimal. Di tengah iklim yang kering dan panas, masyarakat merawat pohon ini untuk melindungi mereka dari sengatan sinar matahari.

Penduduk di sepanjang Sungai Niger dan Sungai Nil memanfaatkan daunnya sebagai bahan baku keranjang anyaman, tikar, sapu, tali, dan masih banyak lagi. sedangkan batang kayunya digunakan untuk tiang, mebel, sarang lebah, atau bahan bakar. Namun yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah buahnya.

Buah zuriat. (Foto: Istimewa)

 

Julukan gingerbread palm atau palem roti jahe pada zuriat ternyata disebabkan karena rasa buah zuriat yang menyerupai roti jahe. Masyarakat mengonsumsi buah zuriat dengan berbagai olahan, namun ada pula yang memakannya mentah-mentah. Sedangkan kulit dan bijinya digunakan sebagai bahan manisan atau minuman herbal tradisional.

Di Mesir, buah zuriat dijual di toko-toko tradisional dan sangat populer di kalangan masyarakat, di Gujarat India, buah ini dinamai dengan buah Hoka. Di Nigeria Utara disebut dengan Goruba, di Nigeria Tenggara buahnya diolah menjadi bubur dan sebagai bumbu pancake tradisional.

Terlepas dari bentuk olahan dan cara penyajian buah zuriat, tersimpan kandungan yang menakjubkan bagi kesehatan manusia. Selain itu buahnya juga disebut memiliki segudang manfaat dan khasiat lainnya. 

Apa Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan?

Khasiat buah zuriat untuk kesehatan jadi alasan mengapa buah ini jadi incaran sebagian masyarakat. Buah yang memiliki diameter rata-rata sekitar 6-10 sentimeter dan berwarna kuning-oranye hingga cokelat ini punya khasiat yang sangat berguna.

Khasiat yang bisa dimanfaatkan mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan masih banyak lagi. Buah ini juga kaya akan karbohidrat dan serat.

Buah zuriat mengandung makronutrisi seperti vitamin, khususnya vitamin B, serta berbagai mineral, mulai daari kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, ekstrak buah zuriat mengandung fenol dan flavonoid yang tinggi. Dengan begitu buah ini bisa jadi sumber antioksidan dan antibakteri yang ampuh.

Berikut ini adalah 12 manfaat kesehatan buah zuriat

1. Mencegah Katarak dan Migrain

Buah zuriat yang mengandung vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu menurutnkan risiko terkena penyakit katarak. Selain itu buah ini juga bisa membantu meredakan sakit kepala sebelah atau migrain.

2. Menurunkan Kolesterol

Buah zuriat ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh, lalu meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu zat antioksidan akan membantu Anda menurunkan level trigliserida yang berimbas pada penurunan kolesterol pula. Bahkan penurunan bisa kurang dari 200 mg/dL.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh menimbulkan serangkaian efek baik, salah satunya mengurangi lemak yang menempel pada dinding arteri jantung. Dengan begitu, pembuluh darah jantung tetap lancar dan bekerja dengan baik. Hal ini tentu saja sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. 

4. Mencegah Hipertensi

Buah yang belakangan sangat populer ini mampu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Khasiat tersebut diperoleh karena buah zuriat memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Artinya, mengonsumsi buah ini saat diet akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu tekanan darah dapat dikendalikan. Buah ini juga punya antioksidan yang ikut membantu mengendalikan tekanan darah.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

5. Menjaga Otot Tetap Baik

Kandungan asam amino esensial yang ada pada zuriat ternyata memberi efek positif bagi otot. Valin adalah asam amino yang ikut merangsang pertumbuhan sekaligus regenerasi otot. Asam amino leusin juga punya peran penting dalam proses sintesis protein dan peremajaan otot. Adanya asam amino isoleusin juga mampu meningkatkan metabolisme otot yang terkonsentrasi pada jaringan otot.

6. Menghilangkan Peradangan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa buah ini membantu meningkatkan kondisi sindrom iritasi usus besar pasca perawatan. Khasiat ini diduga karena buah zuriat punya sifat antiinflamasi sekaligus dukungan antioksidan yang ada di dalamnya. Anti flamasi juga terkadung pada jahe.

7. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit BAB disebabkan karena berbagai hal, salah satunya karena kurang konsumsi serat. Untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh Anda bisa mengonsumsi buah zuriat. Karena buah ini punya kandungan serat yang tinggi, jadi sembelit bisa diminimalisir dan diatasi.

8. Menghindari Komplikasi karena Disfungsi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ terpenting manusia. Untuk membantu fungsi lebih maksimal, cobalah mengonsumsi buah zuriat. Efek antiinflamasinya mendatangkan efek pengurangan risiko komplikasi. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hewan yang mendapat asupat cyclosporine dan ekstrak zuriat memiliki dampak yang lebih baik dibanding hanya mendapat cyclosporine saja.

9. Memperkuat Sistem Imun

Banyaknya nutrisi yang terkandung pada buah mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Seperti yang disebutkan di atas, buah zuriat mengandung antioksidan dan asam amino esensial. Kedua zat tersebut mampu membantu memperkuat sistem imun tubuh. Konsumsi buah ini secara rutin akan membuat Anda senantiasa sehat dan terhindari dari patogen berbahaya.

10. Memperlambat Penuaan Dini

Penuaan diri tidak dapat dicegah, namun prosesnya dapat diperlambat. Penuaan terjadi tidak hanya karena faktor umur, tapi juga karena banyaknya zat sampah yang ada pada kulit dan tubuh karena makanan yang tak sehat atau karena polusi udara.

Untuk memperlambat proses penuaan dini Anda bisa mengonsumsi buah zuriat. Kandungan antioksidannya yang tingi akan membantu menghilangkan racun yang ada pada tubuh dan membantu meregenerasi sel-sel mati. Dengan begitu penuaan akan terhambat dan penampilan Anda akan terlihat awet muda.

11. Mencegah Radikal Bebas

Selain karena polusi udara, radikal bebas juga disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari asap rokok, pola makan tak sehat, sengatan sinar matahari, makeup, dan sebagainya. Untuk menghindari radikal bebas dan dampaknya, buah zuriat akan membantu Anda. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada buah.

12. Mengatasi Alergi

Reaksi alergi bisa timbul kapan saja dan di mana saja. Reaksi ini timbul saat Anda mengonsumsi makanan tertenu atau karena lingkungan dan cuaca. Bentuk alergi yang dialami kemungkinan juga berbeda-beda. Namun pada umumnya reaksi akan berupa bentolan merah yang panas dan gatal.

Untuk meredakan reaksi alergi semacam itu, Anda bisa mengonsumsi buah zuriat. Kandunganflavonoid dan hydroxycinnamates akan membantu meredakan reaksi alergi yang Anda alami.

Selain memiliki dampak yang baik bagi kesehatan, buah zuriat secara spesifik punya khasiat bagi bagi pasangan suami istri. Berikut ini adalah manfaat buah zuriat untuk pasutri.

Manfaat Buah Zuriat untuk Pasutri

Manfaat buah zuriat untuk pasutri memang kerap digaungkan oleh penjualnya. Khasiatnya memang telah diuji, namun hanya pada penelitian kecil. Meski begitu, buah ini dipercaya mampu memberikan dampak baik dalam kehidupan suami istri.

1. Melancarkan Haid

Dalam kehidupan pasutri, haid yang dialami oleh pihak istri kadang berpengaruh besar, terutama dalam kehidupan seksual mereka. Haid yang kurang lancar akan menurunkan gairah percintaan meski tak secara langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, buah zuriat bisa jadi solusi untuk para pasutri. Buah ini membantu melancarkan peredaran darah. Jadi saat istri sedang datang bulan, Anda tetap bisa bermesraan dengannya.

2. Memperkuat Dinding Rahim

Dinding rahim yang lemah karena keguguran atau operasi sesar secara nyata memang tak berpengaruh dalam kehidupan pasutri. Namun kadang kala hal itu bisa jadi sangat traumatis. Misalnya, seorang perempuan baru saja mengalami keguguran. Untuk mendapat momongan lagi, mereka harus berjuang lagi.

Sayangnya untuk memulai lagi rasa takut muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah zuriat. Buah ini akan menguatkan rahim sang istri dan secara psikis membantunya meraih kepercayaan diri. Jadi rasa takut bisa hilang.

3. Memperbaiki Kualitas Sperma

Sperma yang baik adalah sperma yang memiliki tekstur kental dan jumlahnya banyak saat ejakulasi. Agar para lelaki memiliki sperma yang berkualitas, cobalah mengonsumsi buah zuriat. Kandungan vitamin, kalsium, dan serat akan membantu memperbaiki sperma dan memperbaiki pola makan lebih baik.

Buah zuriat memang dipercaya memiliki manfaat dalam kehidupan pasutri. Selain itu buah ini juga dipercaya mampu mendukung program hamil. Apakah hal tersebut benar terjadi? 

Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil

Di Mesir, pohon palm memang sangat dihormati. Tumbuhan ini memiliki kedudukan spesial dalam kehidupan spiritual masyarakat Mesir karena mampu tumbuh di iklim yang keras. Buah zuriat juga dianggap sakral dan dilibatkan dalam dunia medis Mesir selama ribuan tahun.

Masyarakat Mesir percaya bahwa buah ini mampu memberikan kekuatan dan memberikan kesuburan. Di makam Raja Tutankhamun yang berusia lebih dari tiga ribu tahun bahkan ditemukan delapan keranjang buah zuriat. 

Tak hanya di zaman dulu, sebagian masyarakat modern masih mempercayai hubungan antara buah zuriat dan kesuburan wanita. Kepercayaan ini ada lantaran adanya mitos yang berkembang di wilayah Arab, lalu ditiru oleh masyarakat di Indonesia. Buah ini bahkan sangat terkenal di kalangan jamaah haji dan umrah.

Pohon zuriat. (Foto: Istimewa)

 

Berdasarkan mitos yang berkembang, buah zuriat dikonsumsi oleh istri nabi Muhammad SAW, Sayyidah Aisyah. Mitos tersebut diperkuat dari arti kata “Duriat” (bahasa Arab) yang dalam bahasa Indonesia artinya keturunan. Dari sini masyarakat semakin percaya bahwa buah zuriat dipercaya mampu mendatangkan keturunan.

Meski mitos yang berkembang sudah sangat dikenal luas, manfaat buah zuriat bagi kehamilan masih belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Seperti yang dilansir hellosehat, saat ini belum ada penelitian besar yang melibatkan buah zuriat dan dampaknya pada proses kehamilan. 

Namun, sebuah penelitian di Mesir menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah ini memungkinkan adanya regenerasi sel produksi. Dengan begitu kemungkinan mendapat keturunan akan lebih tinggi.

Selain itu senyawa antioksidan juga membantu menghilangkan oksigen reaktif. Senyawa ini diproduksi secara alami oleh tubuh saat mengalami stres. Dengan konsumsi buah ini, oksigen reaktif akan hilang.

Stress oksidatif ini juga mampu merusak sel telur dan sperma yang sangat penting saat program hamil. Kandungan antioksidan pada buah zuriat akan membantu Anda memperbaiki kualitas sperma, meningkatkan proses pematangan sel telur, proses pembuahan, perkembangan embrio, hingga kehamilan. Jadi, Anda tetap bisa mengonsumsi buah ini untuk mendapat kebaikannya.

Cara Konsumsi Buah Zuriat

Secara umum, bentuk buah zuriat menyerupai kelapa dengan ukuran yang kecil dan bentuknya yang sedikit oval. Kulit luarnya berwarna cokelat, mengkilap, dan dan serabut kayu. DI bawahnya lagi terdapat bungkus yang juga berwarna cokelat.

Dagingnya intinya berwarna putih, berserat, kencang, dan padat. Saat dimakan tanpa campuran buah ini akan terasa asam manis, sehingga rasanya disamakan dengan roti jahe. Meski bisa dimakan secara langsung, ada banyak cara untuk mengolahnya sehingga menjadi camilan yang sehat.

Anak-anak di Mesir memang mengonsumsinya langsung. Ada pula yang merebusnya dengan madu, susu, atau gula, lalu menjadi minuman penggantu teh. Bisa juga ditumbuk hingga menjadi bubuk untuk kemudian dicampurkan pada jus dan smoothie.

Beberapa warga ada pula yang menjemur buah zuriat hingga kering. Penjemuran dilakukan hanya memanfaatkan cahaya matahari. Saat sudah kering, buah ditumbuk hingga halus dan dapat digunakan untuk campuran pancake, kue, roti, atau diubah menjadi sirup. Buah ini juga bisa dimasak seperti sayur.

Anda juga bisa mengolah buah zuriat secara langsung. Sebelum mengolahnya, Anda harus mempersiapkan golok untuk membuka buah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah memasak buah zuriat.

1. Siapkan buah zuriat, golok, dan palu. Belah buah menggunakan golok. Jika Anda tak sanggup membelah, pukulkan palu pada golok yang tertancap hingga buah terbelah.

2. Belah buah zuriat dalam beberapa bagian. Setelah itu, ambil daging buah dan bijinya lalu rebus bersama 6 air gelas. Rebus hingga air berubah warna menjadi coklat tua menyerupai kulit buah. Proses perebusan jangan terlalu lama, dikhawatirkan akan merusak kandungan protein di dalamnya.

3. Setelah dirasa cukup, angkat panci lalu tuangkan air rebusan pada gelas atau wadah lain. Jangan lupa gunakan saringan untuk menyaring kulit buah yang mungkin terbawa. Setelah itu Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan madu atau gula.

Jangan perlu khawatir jika Anda ingin mengonsumsi buah dari pohon zuriat tapi tak ingin repot. Pasalnya saat ini di pasaran telah dijual ekstrak zuriat yang berbentuk bubuk. Anda hanya tinggal menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya dengan madu. Tak perlu repot membelah dengan golok. Tapi ingat, jika Anda ragu mengonsumsi buah ini, segera konsultasikan kepada tenaga medis profesional kepercayaan Anda. 

Tag: kesehatan hamil

Bagikan: