Bagus untuk Jantung, Ini Manfaat Zumba untuk Kesehatan Lain yang Jarang Diketahui

| 02 Oct 2020 14:11
Bagus untuk Jantung, Ini Manfaat Zumba untuk Kesehatan Lain yang Jarang Diketahui
Ilustrasi zumba (Unsplash/@dncerullo)

ERA.id - Penyakit kardiovaskular dikenal sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia telah meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hal ini  mungkin saja dapat dicegah dengan pengetahuan tentang pola hidup sehat yang tepat. Hari Jantung Sedunia, yang jatuh pada tanggal 29 September lalu, merupakan sebuah platform kesadaran dunia  akan kesehatan jantung, dan kesadaran untuk memulai hidup lebih sehat dengan  lebih sering berolahraga.

Direkomendasikan oleh banyak dokter sebagai pilihan latihan alternatif karena zumba dilihat dapat memberikan manfaat yang besar untuk jantung jika dilakukan secara teratur. Latihan ini menggabungkan gerakan intensitas rendah dan intensitas tinggi yang dirancang untuk meningkatkan detak jantung, serta meningkatkan daya tahan kardio yang terasa seperti pesta dansa yang menyenangkan.

Rizky Teguh Riyanto, MD, PhD bidang kedokteran kardiovaskular menjelaskan, zumba, program latihan interval yang dibuat oleh penari dan koreografer Kolombia Alberto "Beto" Pérez telah menarik minat para peneliti dan praktisi kesehatan jantung. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengikuti kelas zumba secara rutin meningkatkan kemampuan jantung dan pernapasan untuk menjalankan fungsinya, agar tubuh kita lebih sehat dalam menjalankan aktivitas.

“Zumba® Fitness meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin, Anda hanya perlu mengikuti kelas dua hingga tiga kali seminggu. Apalagi selama pandemi ini ada banyak kelas virtual,  sehingga Anda lebih mudah mengikuti kelas karena bisa dilakukan di rumah, ” ujar Denada Tambunan, Brand Ambassador Zumba® Fitness untuk Indonesia dalam siaran pers yang diterima Era.id.

Zumba diklasifikasikan sebagai latihan aerobik yang direkomendasikan untuk sebagian besar orang dewasa dengan kondisi sehat oleh praktisi medis. Latihan ini dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

“Tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah bagi mereka yang aktif berolahraga karena jantung lebih efektif dalam memompa darah dan kapasitas paru-paru kita untuk menghirup udara yang dipenuhi oksigen lebih besar. Lebih banyak oksigen dan nutrisi dapat disebarkan ke seluruh tubuh sehingga energi sel tubuh kita lebih baik,” tambah Dr. Rizky.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sports Science & Medicine, mengikuti kelas zumba secara teratur setidaknya  40 menit dalam satu sesi dapat membakar antara 300  sampai 900 kalori. Bermanfaat untuk menjaga berat badan yang sehat sekaligus menghindari faktor risiko penyakit jantung yaitu obesitas dan kolesterol tinggi.

"Penting untuk diingat bahwa Anda harus memeriksakan diri ke dokter umum sebelum memulai rutinitas olahraga baru. Begitu Anda mendapatkan lampu hijau, mulailah mempraktikkan gaya hidup yang lebih sehat dengan rutin melakukan latihan kardiovaskular seperti kelas Zumba®. Ini membantu tubuh Anda  dalam membiasakan gerakan yang lebih aktif,  juga merangsang tubuh untuk bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Seiring berjalannya waktu, seluruh tubuh kita akan beradaptasi dengan kondisi tersebut, terbiasa dan mulai merasakan manfaatnya,” menurut Rizky.

Rekomendasi