Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

| 24 Jan 2024 09:04
Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat kaldu tulang untuk kesehatan (unsplash)

ERA.id - Kaldu tulang telah lama menjadi bagian dari tradisi kuliner di berbagai belahan dunia. Tidak hanya menambah cita rasa pada hidangan, tetapi banyak manfaat kaldu tulang untuk kesehatan yang menarik untuk dibahas.

Artikel ini akan membahas secara mendalam manfaat kesehatan yang terkandung dalam kaldu tulang. Mari menjelajahi alasan dibalik kaldu tulang yang telah menjadi bahan utama dalam upaya menjaga kesehatan warisan nenek moyang.

Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan

  1. Vitamin dan Mineral Penting

Kaldu tulang mengandung berbagai vitamin dan mineral, meskipun kandungan nutrisi tepatnya akan bergantung pada jenis tulang yang digunakan. Tulang hewan kaya akan kalsium, magnesium, vitamin, serta mineral lain yang diperlukan untuk membangun dan memperkuat tulang kita.

Perlu diketahui, sumsum tulang menyediakan vitamin A dan B, serta mineral seperti seng, besi, kalsium, dan selenium. Semua bagian ini juga mengandung protein kolagen, yang berubah menjadi gelatin ketika dimasak dan menghasilkan beberapa asam amino penting.

  1. Bermanfaat bagi Pencernaan

Kaldu tulang dapat memberikan manfaat bagi sistem pencernaan karena saluran pencernaan yang sehat adalah kunci kesejahteraan. Kaldu tulang sendiri mudah dicerna dan dapat membantu mencegah peradangan yang terkait dengan kesehatan pencernaan.

Penelitian pada hewan dengan kolitis telah menunjukkan bahwa gelatin dapat melindungi dan menyembuhkan lapisan mukosa saluran pencernaan. Namun, perlu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Perlu diketahui, selatin mengandung asam amino bernama asam glutamat, yang berubah menjadi glutamin dalam tubuh dan membantu menjaga fungsi dinding usus. Gelatin juga dapat membantu mencegah dan menyembuhkan kondisi yang dikenal sebagai "leaky gut," yaitu suatu gejala dari beberapa penyakit gastrointestinal kronis.

Leaky Gut terjadi ketika kerusakan yang terjadi pada penghalang antara usus dan aliran darah dan memungkinkan zat-zat bocor dari usus ke aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan masalah lainnya.

  1. Anti Radang

Kaldu tulang dapat membantu melawan peradangan, berkat asam amino yang terdapat dalam kaldu tulang, termasuk glisin dan arginin yang memiliki sifat antiinflamasi.

Pada tahun 2015, satu studi pada hewan menunjukkan bahwa saat mencoba arginin secara oral dapat menciptakan perbaikan pada peradangan saluran udara dan gejala asma lainnya pada tikus.

Perlu diketahui, peradangan kronis telah terkait dengan berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, diabetes, arthritis, dan kanker. Maka dari itu, ,memasukkan makanan anti inflamasi dalam diet Anda seperti kaldu tulang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit ini.

peradangan kronis terkait dengan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung (unsplash)
  1. Baik untuk Sendi

Nutrisi di dalam kaldu tulang dapat meningkatkan kesehatan sendi. Kolagen adalah protein utama yang terdapat dalam tulang, tendon, dan ligamen. Saat memasak kaldu tulang, kolagen dari tulang dan jaringan ikat terurai menjadi protein lain yang disebut gelatin.

Gelatin mengandung asam amino penting yang mendukung kesehatan sendi, seperti prolin dan glisin, yang digunakan tubuh untuk membangun jaringan ikatnya sendiri. Jaringan ikat adalah komponen utama pada tendon yang menghubungkan otot dengan tulang, dan ligamen yang menghubungkan tulang satu dengan yang lainnya.

  1. Manajemen berat badan dan massa otot

Ada beberapa bukti bahwa orang yang mengonsumsi sup (termasuk kaldu tulang) lebih sedikit yang obesitas. Hal ini menunjukkan bahwa sup dapat berperan dalam manajemen berat badan.

Menariknya kaldu tulang tinggi protein dan beberapa bukti menunjukkan bahwa diet tinggi protein juga dapat membantu mengelola berat badan, karena protein dapat memberikan rasa kenyang.

Pada tahun 2015, sebuah studi yang melibatkan 53 pria menemukan bahwa kombinasi latihan resistensi dan suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh.

Namun, sebuah studi pada tahun 2019 mencatat bahwa kaldu tulang kemungkinan tidak mengandung kadar kolagen yang serupa dengan suplemen. Selain itu, kadar dan kualitas kolagen dalam kaldu tulang akan lebih bervariasi dibandingkan dengan yang terdapat dalam suplemen.

Selain manfaat kaldu tulang untuk kesehatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi