Terungkap Alasan Mengapa Bulu Kemaluan Selalu Keriting dan Tumbuh Lebat

| 14 Dec 2020 16:30
Terungkap Alasan Mengapa Bulu Kemaluan Selalu Keriting dan Tumbuh Lebat
Ilustrasi (Darko Djurin dari Pixabay)

ERA.id - Pernahkah kalian sadar bahwa bulu kemaluan sangat berbeda dengan rambut yang lain, semisal rambut di kepala, bulu di hidung, dan bulu di kaki? Bulu kemaluan modelnya keriting, tebal dan lebih hitam.

Apa penyebabnya? "Kalau bentuknya yang cenderung keriting, itu karena kan kita pakai celana dalam. Jadi rambut kemaluan seolah-olah diatur atau dibentuk oleh pakaian dalam," kata dr Laksmi Duarsa, SpKK dari D&I Skin Center, Denpasar, dikutip dari Detikcom.

Ia melanjutkan, bisa saja ada tipe bulu kemaluan yang lurus. Tapi, berdasarkan pengalaman, dr Laksmi mengakui kalau umumnya bulu kemaluan cenderung keriting karena bulu kemaluan 'dibentuk' dengan celana dalam. Bagaimana dengan warna rambut kemaluan yang cenderung lebih hitam?

Katanya, kemungkinan rambut kemaluan lebih hitam karena jarang terekspos. Sama halnya dengan kulit yang jarang terekspos sinar matahari atau tertutup terus, cenderung lebih putih. Jika diperhatikan, rambut kemaluan juga cenderung lebih hitam.

"Ini bisa jadi karena nutrisi. Rambut kemaluan kan cenderung lebih pendek, jadi nutrisi yang diserap juga lebih banyak dibanding rambut kepala," kata dr Laksmi.

Soal faktor yang membuat bulu kemaluan mudah rontok yakni usia yang makin tua, gangguan hormon (terutama jika hormon testosteronnya lebih banyak), mencukur rambut kemaluan dengan teknik kurang tepat dan bahan yang tidak cocok sehingga menyebabkan infeksi, stres, dan konsumsi obat misalnya obat kemoterapi.

Sementara dilansir dari menshealthmag.com, seorang dermatologis dari American Academy of Dermatology bernama Marc Glashofer menuturkan bahwa bulu kemaluan selalu tumbuh keriting adalah karena fungsinya sendiri.

Bulu kemaluan memang berfungsi untuk menjaga serta melindungi organ intim, karena itu teksturnya lebih tebal dan kasar, dibanding dengan rambut lain yang terdapat pada seluruh tubuh.

Bulu kemaluan dapat membantu kamu untuk mencegah gesekan selama melakukan penetrasi ketika bercinta, yang bisa menyebabkan kulit jadi lecet dan ruam. Selain itu, bulu kemaluan juga sangat berguna untuk mencegah masuknya bakteri jahat.

Rekomendasi