Kenapa Baju Bedah Dokter Harus Berwarna Hijau? Ini Alasan Ilmiahnya

Tim Editor

Ilustrasi baju hijau dokter (Wikimedia Commons)

ERA.id - Kenapa para dokter biasanya memakai baju berwarna hijau ya? Apa alasan di balik pemakaian baju bedah seperti itu? Anda tahu kan kalau dokter operasi biasa memakai baju berwarna apa?

Dokter memang jamak diketahui sering memakai jas putih, tapi mereka akan tampil berbeda ketika mengoperasi. Mereka akan memakai baju bedah, bisa hijau bisa juga biru muda.

Di balik itu semua, ada alasan ilmiah ternyata. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan Today's Surgical Nurse pada 1998, warna hijau dinilai cocok membantu dokter melihat lebih baik di ruang operasi, karena merupakan kebalikan dari warna merah di roda warna.

Maksud merah di sini adalah darah. Warna darah. Jadi ketika dokter mengoperasi pasien, pasti mereka bersama susternya akan melihat banyak darah. Jika dokter kelamaan melihat warna merah darah, maka dapat menimbulkan halusinasi yang tentunya berbahaya bagi keselamatan pasien.

"Melihat sesuatu yang hijau dari waktu ke waktu dapat membuat mata seseorang lebih sensitif terhadap variasi warna merah," itu kata John Werner, psikolog yang mempelajari penglihatan di University of California, Davis, dikutip dari livescience.

Warna merah juga dianggap akan membuat dokter kesulitan melihat organ tubuh manusia. Makanya, dibuat peraturan agar dokter mengenakan baju berwarna hijau supaya dapat menyegarkan visi dokter selama operasi.

Saat melihat warna hijau, penglihatan dokter akan lebih segar dan peka terhadap kondisi apapun yang berwarna merah. Ada juga alasan lain yang muncul, yakni mampu menyingkirkan ilusi optik. Intinya,  warna hijau dipilih karena dapat menetralkan warna merah darah yang berasal dari organ tubuh manusia.

Tag: yang unik dokter baju hijau dokter

Bagikan: