Sukses dan Populer, Deretan Selebriti Ini Ternyata Mengidap Bipolar

Marshanda artis bipolar (Instagram)

ERA.id - Bipolar merupakan salah satu gangguan mental yang cukup familiar didengar oleh masyarakat.

Dilansir dari Healthline.com, bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan penderitanya akan mengalami perubahan suasana hati atau mood yang sangat ekstrem. Hal ini bisa membuat seseorang yang mengidap bipolar akan akan mengalami perubahan emosi yang drastis dan bahkan bisa menyebabkan depresi. 

Seorang penderita bipolar pastinya akan menjalani kehidupan yang tak mudah, karena mereka harus menjalani serangkaian terapi dan konsultasi untuk menghindari situasi buruk yang mungkin bisa terjadi. Penyakit yang satu ini tentu saja bisa diidap oleh siapapun, tak terkecuali para selebriti. Meski sudah sukses dan begitu populer, beberapa selebriti di bawah ini ternyata pengidap bipolar, bahkan sebagian besar sudah menderitanya sejak lama.

Siapa saja mereka? Simak langsung ulasannya berikut ini.

1. Demi Lovato

Pelantun dari lagu "Skyscraper" ini diketahui sudah mengidap bipolar sejak usia muda. Dalam beberapa wawancara, Demi bahkan mengaku bahwa akibat gangguan mental yang dideritanya ini sempat membuatnya harus masuk panti rehabilitasi di usianya yang ke-22 tahun. 

(Demi Lovato/ [email protected])

Penyanyi berusia 28 tahun itu awalnya mengaku tidak mengetahui bahwa dirinya sedang sakit. Ia tak menyadari bahwa menulis 5 hingga 7 lagu dalam satu malam adalah sesuatu yang tidak normal. Setelah mengalami gejala yang cukup mengganggu, Demi akhirnya menjalani terapi dan berusaha untuk berdamai dengan kondisinya. 

Demi juga membuktikan bahwa bipolar yang dideritanya tidak menghambatnya dalam berkarya. Selain itu, Demi Lovato juga tergabung dalam gerakan yang berfokus pada kesehatan mental, untuk memberi dukungan pada siapapun penderitanya harus berani bicara dan tidak merasa malu.

2. Mariah Carey

Legenda diva dunia, Mariah Carey juga tak luput dari gangguan mental bipolar. Mariah Carey didiagnosa mengidap bipolar pada tahun 2001. Pertama mengetahui dirinya menderita penyakit ini, Mariah sempat tidak terima dan tidak mempercayainya. 

(Mariah Carey/Instagram @ddlovato)

Gangguan mental yang dideritanya ini juga sempat membuat dirinya dirawat di rumah sakit. Ketika mengalami periode depresi, emosi Mariah akan naik turun dan akan membuatnya sulit tidur. Kini untuk menghadapi bipolar yang dideritanya, Mariah Carey menjalani terapi dan minum obat secara rutin.

3. Marshanda

(Marshanda/Instagram @marshanda)

Sudah menjadi rahasia umum jika artis cantik Indonesia, Marshanda merupakan salah satu selebriti yang menderita bipolar. Mantan istri dari Ben Kasyafani itu diketahui sudha mengidap bipolar sejak tahun 2009. 

Awalnya Marshanda tidak mau menerima dan mengakui dirinya sebagai seseorang yang menderita bipolar. Namun, kini Marshanda sudah berdamai dengan penyakit yang dideritanya dan memilih untuk mengatasinya. Marshanda saat ini secara rutin mengonsumsi obat dan berusaha untuk terhindar dari segala hal yang bisa membuatnya depresi agar penyakit bipolarnya tidak kambuh.

4. Bebe Rexha 

Bebe Rexha menjadi selebriti selanjutnya yang tak malu mengakui bahwa dirinya mengidap gangguan mental bipolar. Penyanyi bernama asli Bleta Rexha ini mengungkapkan penyakitnya secara langsung melalui cuitannya di akun Twitter pribadinya pada 2019. 

(Bebe Rexha/Instagram/@beberexha)

Dalam cuitannya tersebut, Bebe sempat menjabarkan gejala-gejala yang dialaminya akibat bipolar. Gejala yang dialaminya adalah dirinya terkadang merasa begitu malas untuk beraktivitas bahkan hanya untuk keluar rumahnya. Terkadang ia juga tiba-tiba merasa begitu semangat beraktivitas sampai membuatnya tidak tidur. Ia juga mengalami perubahan emosi yang begitu drastis. 

5. Rachel Vennya

Rachel Vennya juga termasuk selebriti Indonesia yang menderita bipolar. Hal ini sempat disampaikan langsung oleh Rachel bersama dengan mantan suaminya, Niko Al Hakim pada sebuah video di YouTubenya. 

(Rachel Vennya/[email protected])

Selebgram berusia 25 tahun itu menyampaikan bahwa pada awalnya ia begitu takut untuk mengungkap penyakitnya kepada publik. Rachel akhirnya mau menghadapi penyakitnya dan mencoba mengatasinya di tahun 2019. Alasan utama Rachel untuk menerima pengobatan atas bipolar yang dimilikinya adalah ia tak mau penyakit tersebut menurun kepada anaknya dan mempengaruhi kehidupan mereka.

Itulah beberapa selebriti dunia yang menderita gangguan mental bipolar. Semoga setiap orang yang menderita bipolar diberi kesehatan dan tabah menghadapi penyakitnya.

Itulah beberapa selebriti dunia yang menderita gangguan mental bipolar. Semoga setiap orang yang menderita bipolar diberi kesehatan dan tabah menghadapi penyakitnya.

Tag: kesehatan mental Mariah Carey Marshanda Demi Lovato Bipolar artis bipolar

Bagikan: