Segera Hentikan, Ini 4 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menggigit Kuku

| 06 Jun 2021 21:35
Segera Hentikan, Ini 4 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menggigit Kuku
Dampak buruk menggigit kuku (Foto: Unsplash/ privetik)

ERA.id - Beberapa orang pastinya memiliki kebiasaan untuk menggigit kuku. Mulai dari hal tersebut terjadi karena merasa takut atau panik, bisa saat dirinya merasa bosan, dan lainnya. Nyatanya, kebiasaan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Kebiasaan menggigit kuku ini harus segera dihentikan karena bisa berakibat fatal yang bisa mengancam nyawa lho. Penasaran apa saja dampak buruknya? Simak langsung ulasannya berikut ini, dilansir dari Health.com.

1. Dapat menyebabkan kelainan bentuk kuku

Dampak buruk gigit kuku (Foto: brightside.me)

Dengan terbiasa menggigit kuku, kamu bisa merukan matriks kuku (jaringan di bawah kuku) yang dapat menyebabkan kelainan bentuk kuku permanen, seperti tonjolan.

Dengan terus menggigit kuku juga akan terbentuknya kerutan horizontal di dalam kuku, yang dapat menyebabkan kuku berhenti tumbuh sementara atau terkadang bisa permanen.

2. Penularan penyakit

Kebiasaan menggigit kuku juga bisa menjadi suatu perbuatan yang menularkan penyakit lho. Terlebih bagi kamu yang sangat rentan dengan luka dingin di daerah bibir. Dengan menggigit kuku, kamu bisa menularkan infeksi herpes ke jari-jari.

Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga dapat menularkan penyakit seperti kutil yang ada pada jari berpindah ke bibir dan mulut.

3. Bisa merusak gigi

Dampak buruk gigit kuku (Foto: Story.com.pk)

Sering menggigit kuku juga bisa merusak gigi. Orang yang biasa menggigit kuku umumnya akan mengalami gigi depan terkelupas dan patah.

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa membelah gigi dan menciptakan retakan yang akan membuat bentuk gigi semakin jelek dari waktu ke waktu.

4. Menyebabkan infeksi yang berdampak fatal

Menggigit kuku akan meningkatkan risiko infeksi bakteri di bawah kuku, seperti paronychia, yang menyebabkan kemerahan pembengkakan, dan kuku bisa dipenuhi dengan nanah. Infeksi yang terjadi ini membutuhkan antibiotik untuk menyembuhkannya.

Namun, jika paronychia atau infeksi bakteri lain di luar kendali, yang mungkin menginfeksi persendian tangan, ini bisa mengakibatkan kondisi di mana dibutuhkannya pembedahan. Infeksi ini juga bisa menyebabkan cacat permanen dan bahkan mengancam nyawa seseorang.

Nah, itulah dampak buruk dari kebiasaan menggigit kuku. Jadi, apakah kamu termasuk orang yang suka menggigit kuku? Yuk, segera hentikan sebelum terjadi hal yang tak diinginkan ya.

Rekomendasi