Sering Lelah Usai Sembuh, Konsumsi 5 Sayuran Segar Mempercepat Pemulihan Pasca Terpapar Covid-19

Tim Editor

Brokoli (Foto: Pexels/Zamani Sahudi)

ERA.id - Usai sembuh dari Covid-19, pastikan untuk mengisi nutrisi yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan. Covid-19 mempengaruhi sistem kekebalan dan fungsi organ lain secara signifikan. Maka dari itu, pasien yang sembuh Covif-19 mungkin mengeluh kelemahan, kelelahan, hingga, ketegangan mental.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengisi kembali nutrisi yang hilang, dan memperbaiki stamina, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Sayuran adalah sumber nutrisi yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Tentunya, ini sangat penting untuk menjaga status kesehatan tubuh. Jika, kamu sedang memulihkan diri dari Covid-19, sertakan sejumlah sayuran ini dalam menu harianmu, seperti dilansir dari Pinkvilla pada Senin (26/7/2021).

1. Bayam

Bayam (Foto: Pexels/ Rodolfo Quirós)
Bayam (Foto: Pexels/ Rodolfo Quirós)

 

Bayam dipenuhi dengan nutrisi luar biasa seperti Vitamin A, B, C, E, K, kalsium, zat besi, dan beta-karotenoid. Bayam adalah salah satu sayuran paling sehat yang memberikan dorongan baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sebab, sayuran berdaun hijau ini kaya sarat dengan zat besi, folat, lutein, dan Omega-3 yang membantu membangun otot serta mengembalikan energi yang hilang. Kamu bisa makan bayam mentah atau memasukkannya ke dalam smoothie agar rasanya lebih enak.

2. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga penuh nutrisi yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Kaya akan Vitamin C, beta-karoten, seng, magnesium, potasium, dan glutathione, sayuran ini membantu mendukung sistem kekebalan tubuh serta mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kamu dapat menikmati sayuran hijau mentah atau memasukkannya ke dalam sup atau makanan.

3. Buncis

Buncis (Foto: Unsplash/Sonja Langford)
Buncis (Foto: Unsplash/Sonja Langford)

 

Mengonsumsi buncis baik mentah atau dimasak dapat meningkatkan asupan zat besi dan mineral penting yang membentuk sebagian besar hemoglobin. Konsumsi zat besi dapat mendukung metabolisme dan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel energi, sehingga tubuh tetap aktif dan sehat. Selain itu, sayuran hijau ini kaya akan vitamin K, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya. Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi buncis.

4. Kacang Kedelai

Protein nabati kaya akan isoflavon modulasi kekebalan dan agen anti-inflamasi yang membuatnya sempurna untuk meningkatkan kesehatan usus. Konsumsi kacang kedelai untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan meningkatkan kadar kolesterol darah dalam tubuh. Makanlah sayuran warna hijau ini sebanyak mungkin, minum air putih, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan yang optimal.

5. Paprika

Paprika (Foto: Pexels/moein nobari)
Paprika (Foto: Pexels/moein nobari)

 

Paprika yang berwarna-warni mengandung lebih banyak antioksidan dan sangat cocok bagi kamu yang baru saja sembuh dari positif Covid-19. Paprika dipandang juga mengandung konsentrasi tinggi karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan kalium. Jadi, sertakan dalam menu makan harianmu agar pemulihan yang lebih cepat.

Tag: sayur menaikan imun tubuh imun tubuh sayuran sembuh covid-19

Bagikan: