Mempengaruhi Konsentrasi Hingga Daya Ingat, 7 Makanan Ampuh Meningkatkan Kecerdasan Otak

Tim Editor

Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/George Milton) makanan

ERA.id - Mengonsumsi makanan bergizi memang menjaga tubuh fisik, itu juga dapat memainkan peran besar dalam kesehatan kognitif. Makanan sehat menciptakan hubungan pikiran dan tubuh yang membantu kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Selain itu, ada juga sejumlah makanan yang dipercaya ampuh memengaruhi konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan otak untuk berpikir. Makanan ini memang sangat dibutuhkan selama masa pertumbuhan, terutama anak-anak. Berikut 7 makanan ampuh meningkatkan kecerdasan otak, seperti dilansir dari Eat This.

1. Ikan salmon

Ikan salmon (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)
Ikan salmon (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

"Salmon adalah makanan super terbaik. Ini adalah salah satu sumber terkaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa," kata Rima Kleiner, MS, RD, dan blogger di Dish on Fish.

Omega-3 membantu meningkatkan kardiovaskular, kesehatan otak dan fungsi kognitif, serta mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. Salmon memberikan dosis asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung (penting untuk jantung, otak, dan mata yang sehat) dan kolin (untuk perkembangan otak dan memori)."

2. Makanan fermentasi

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bakteri di usus dan saluran pencernaan kita dapat berdampak langsung pada otak," kata ahli gizi Alicia Harper, pendiri ProbioticReviewGirl.com.


Makanan terbaik untuk otak adalah makanan yang mengandung bakteri probiotik yang baik. Makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, kefir & miso adalah pilihan bagus untuk merawat otak melalui usus.

3. Buah dan sayuran warna-warni

Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)
Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)

"Antioksidan memadamkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Peradangan di otak dapat meningkatkan risiko demensia, Alzheimer, penyakit Parkinson dan meningkatkan risiko depresi," kata Pam Fullenweider, RD, MS, dan pendiri Fully Mediterania .

Maka dari itu, isi piring dengan buah-buahan dan sayuran berwarna-warni setiap kali makan. 'Makan pelangi' bukan hanya ungkapan yang menarik. Warna buah dan sayuran yang berbeda menandakan kandungan antioksidannya sehingga ketika kita makan berbagai warna yang berbeda. Hal ini mendapatkan dalam berbagai antioksidan berbeda dalam tubuh, yang semuanya memiliki manfaat kesehatan.

4. Coklat

"Selain energi, dan endorfin atau kebahagiaan yang diperoleh dari makan cokelat , itu juga meningkatkan pembelajaran dan memori," kata Jason Hughes, ahli gizi dan CEO Vegan Liftz .

Dosis kafein yang ditemukan dalam cokelat membuatmu tetap waspada dan fokus pada laser, sedangkan flavonoid yang terkandung di dalamnya meningkatkan fungsi otak. Selain itu, cokelat hitam adalah contoh cokelat yang baik yang meningkatkan otak dan membuatmu lebih pintar. Makan kakao flavanol tinggi akan meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan fungsi kognitif otak yang meringankan efek cacat mental.

5. Kunyit

Kunyit (Foto: Pexels/Marta Branco)
Kunyit (Foto: Pexels/Marta Branco)

"Ramuan kuno yang secara historis digunakan dalam masakan India, kunyit adalah anggota tanaman dari keluarga jahe. Ini telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir sebagai agen memasak di banyak hidangan kuliner berbasis kari," kata Vernon Williams, MD , ahli saraf olahraga dan direktur Pusat Neurologi Olahraga dan Pengobatan Nyeri di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute.

Secara ilmiah, penelitian telah mengamati rempah-rempah serbaguna ini untuk manfaat kesehatan dari pengurangan peradangan radang sendi hingga pengobatan untuk gangguan usus. Tetapi kunyit juga dipuji karena mempengaruhi molekul di otak yang mendukung fungsi kognitif secara positif.

6. Makanan laut

"Makan berbagai makanan laut 2 hingga 3 kali setiap minggu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak pada orang dewasa, anak-anak, dan bayi yang sedang berkembang (untuk ibu hamil)," kata Kleiner.

"Makanan laut adalah sumber makanan utama asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang dapat membantu memerangi efek negatif stres dengan membantu mengatur hormon stres kortisol dan adrenalin. EPA juga membantu mengurangi peradangan pada sel-sel otak—peradangan yang dapat memicu stres dan kecemasan." lanjutnya

Dari kesehatan jantung hingga pengaturan kolesterol, asam lemak Omega 3 sangat penting bagi tubuh untuk berfungsi secara efisien. Mengonsumsi makanan laut memberikan beberapa kebutuhan kesehatan otak utama. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega 3 membantu menyediakan struktur yang diperlukan untuk mempertahankan sel-sel otak.

Selain itu, makanan laut sangat penting untuk kelancaran pengiriman informasi antara sel-sel itu. Di sisi lain, makanan yang tanpa nutrisi, seperti yang tinggi gula dan lemak jenuh, ternyata merusak membran sel otak.

7. Buncis

"Buncis memiliki berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan otak," ujar Natalie Rizzo, MS, RD, dan partner Banza.

Pertama, buncis terdiri dari karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber bahan bakar utama untuk otak. Buncis juga mengandung magnesium, yang melemaskan pembuluh darah dan mengirim lebih banyak darah ke otak. Lebih banyak darah di otak membantu otak bekerja pada kapasitas penuhnya.

Tag: manfaat makanan makanan sehat makanan terenak

Bagikan: