Beberapa Manfaat Belalang Goreng yang Bisa Didapatkan, Salah Satunya untuk Daya Tahan Tubuh

| 11 Feb 2023 06:16
Beberapa Manfaat Belalang Goreng yang Bisa Didapatkan, Salah Satunya untuk Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi belalang goreng (Pixabay)

ERA.id - Konsumsi serangga seperti belalang goreng atau yang disebut sebagai entomophagy bukanlah suatu hal yang baru di Afrika, Asia, ataupun Amerika Latin. Banyak tradisi yang dijalankan kelompok masyarakat di seluruh dunia dalam hal mengonsumsi belalang. Biasanya belalang ini diolah dengan cara digoreng. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan terkesan aneh dan menjijikkan. Tapi tahukah Anda, ternyata ada manfaat belalang goreng yang bisa didapatkan.

Seorang profesor, ahli dan kepala departemen entomologi di University of Minnesota di St. Paul, Sujaya Rao, PhD, menyebutkan bahwa serangga seperti belalang goreng diperkirakan akan menjadi makanan masa depan.

Ilustrasi belalang goreng (Pixabay)

“Secara kesehatan, serangga memiliki beberapa nutrisi. Serangga yang sangat kecil ini dapat terbang atau melompat. Mereka membutuhkan banyak otot dan energi untuk melakukan hal tersebut,” kata Dr. Rao dikutip dari Everyday Health.

Apa  Saja Manfaat Belalang Goreng?

Daging belalang juga mempunyai tekstur yang lembut seperti udang. Namun, pada bagian luarnya akan terasa renyah dan gurih saat Anda gigit.

Kandungan di dalamnya pun sangat lengkap, tak heran jika belalang goreng cukup memberikan manfaat yang beragam bagi tubuh.

Berikut manfaat belalang goreng untuk kesehatan yang bisa didapatkan:

Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging belalang akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah dengan lancar. Jika sel darah merah diproduksi dalam jumlah yang cukup, tubuh tentunya akan terhindar dari risiko anemia.

Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat belalang goreng yaitu mencegah efek buruk dari radikal bebas. Oleh sebab itu, mengonsumsi serangga jenis ini juga berpotensi untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka mengonsumsi daging belalang juga dapat mencegah berbagai penyakit yang berisiko menyerang tubuh.

Mengobati Ambien Atau Wasir

Ambien merupakan kelainan atau permasalahan yang terjadi di sekitar anus. Ambien akan menimbulkan ketidaknyamanan saat duduk, nyeri saat buang air besar atau bahkan mengakibatkan pendarahan. Belalang goreng berperan dalam mengobati penyakit ambeien.

Baik untuk Perkembangan Janin

Manfaat belalang goreng lainnya ternyata dapat dirasakan oleh ibu hamil. Kandungan protein di dalamnya sangat baik bagi perkembangan otak janin.

Selain itu, daging hewan ini juga memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat baik untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan janin.

Regenerasi Sel yang Rusak

Kandungan protein dan vitamin pada belalang juga sangat bermanfaat untuk meregenerasi kembali sel-sel tubuh yang rusak.

Protein  dalam daging belalang akan membantu tubuh meregenerasi otot yang rusak karena aktivitas berat dan juga menambah massa otot sehingga tubuh terlihat lebih berisi.

Menambah Kecerdasan Otak

Manfaat belalang goreng yang terbukti secara nyata yaitu dapat membuat otak lebih fokus sehingga mampu meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, dan daya ingat.

Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi

Kulit belalang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium ini berfungsi untuk menjaga kepadatan gigi dan tulang dan juga sangat baik untuk meredakan nyeri punggung bagi ibu hamil.

Selain itu, konsumsi belalang goreng juga sangat dianjurkan bagi seseorang yang sedang dalam masa pemulihan patah tulang.

Jika dikonsumsi secara teratur dalam jangka panjang, pengonsumsian belalang juga akan mencegah risiko osteoporosis.

Menunda Penuaan Dini

Daging belalang yang dikonsumsi juga dapat menunda penuaan dini karena elastisitas kulit lebih terjaga.

Selain itu, serangga pemakan daun juga terbukti dapat menyamarkan garis halus dan kerutan pada wajah.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat belalang goreng yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang mengonsumsinya. Namun, hendaknya Anda juga perlu berhati-hati, sebab ada beberapa karakter tubuh tertentu yang memunculkan reaksi gatal saat mengonsumsi belalang goreng.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi