Konsumsi 6 Makanan Sehat yang Dipercaya Ampuh Cegah Kanker

| 11 Nov 2021 06:05
Konsumsi 6 Makanan Sehat yang Dipercaya Ampuh Cegah Kanker
Ikan (Foto: Pexels/Dana Tentis)

ERA.id - Sebetulnya, setiap orang mempunyai sel kanker dalam tubuh yang tak terdeteksi dalam pemeriksaan standar hingga sel-sel berkembang biar hingga berjumlah banyak. Supaya tida terkena kanker, kamu bisa mengonsumsi pola makanan sehat.

Ada macam-macam makanan sehat yang rendah lemak dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh. Berikut 6 makanan sehat yang dipercaya sebagai pencegah kanker, seperti dilansir dari Alodokter.

1. Brokoli

Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)
Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)

Mengonsumsi brokoli beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kamu menderita kanker. Ini karena brokoli mengandung sulforaphane yang diyakini bermanfaat sebagai zat antikanker.

Dalam sebuah penelitian, sulforaphane ditemukan dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%, serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus.

2. Bawang putih

Kandungan belerang pada bawang putih dapat mencegah pembentukan sel kanker, terutama kanker yang menyerang organ pencernaan, seperti kanker lambung, kanker usus, dan kanker esofagus.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, diamkan dulu bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong selama 15–20 menit sebelum dimasak. Cara ini bisa mengaktifkan enzim dalam bawang putih dan melepaskan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kanker.

3. Buah beri

Buah beri (Foto: Pexels/Jessica Lynn Lewis)
Buah beri (Foto: Pexels/Jessica Lynn Lewis)

Kelompok buah beri, seperti strawberry dan blueberry, kaya akan pigmen anthocyanin yang mempunyai sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih penyebab kanker.

Hal ini terbukti dalam sebuah uji coba yang menyebutkan bahwa ekstrak buah beri dapat mengurangi perkembangan sel kanker hingga 7 persen.

4. Ikan berlemak sehat

Mengonsumsi beberapa jenis ikan, seperti salmon, makarel, dan teri, dikaitkan dengan penurunan risiko menderita penyakit kanker. Pasalnya, beragam ikan ini mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang dipercaya mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Dengan mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan yang tinggi akan lemak sehat setiap minggunya, kamu bisa mendapatkan dosis asam lemak omega-3 dan vitamin D untuk mencegah kanker.

5. Tomat

Tomat (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
Tomat (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Warna merah pada tomat menunjukkan bahwa sayur ini mengandung likopen yang tinggi. Likopen adalah senyawa karotenoid yang memiliki sifat antioksidan kuat, sehingga dapat mencegah dan memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan prostat.

Guna merasakan manfaat tomat sebagai makanan pencegah kanker, kamu bisa menambahkan 2 buah tomat setiap harinya ke dalam menu harianmu. Misalnya, kamu bisa menyajikan tomat sebagai lalapan saat menyantap ayam goreng, menjadikannya bahan campuran sambal, atau mengolahnya bersama sayuran hijau.

6. Buah anggur

Senyawa antioksidan bernama resveratrol yang terkandung pada anggur memiliki sifat antikanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menyertakan buah anggur sebagai selingan camilan sehatmu.

Rekomendasi