Bisa Membahayakan Kesehatan, Ini Takaran Pas Konsumsi Keju Setiap Hari

| 17 Jun 2022 08:30
Bisa Membahayakan Kesehatan, Ini Takaran Pas Konsumsi Keju Setiap Hari
Ilustrasi keju (Unsplash/Önder Örtel)

ERA.id - Bagi para pecinta keju, semua olahan makanan dari keju memang menggiurkan. Tapi hati-hati ya bila mengonsumsi keju melebihi batas aman dalam sehari.

Ahli gizi Angel Jovi S.Gz mengatakan, takaran yang pas mengonsumsi keju dalam sehari adalah 40 gram. Bila lebih dari itu akan ada efek samping yang memengaruhi kesehatan.

“Jika ditanya keju bisa dikonsumsi setiap hari atau tidak? Maka jawabannya bisa. Tetapi memang semua yang berlebihan tidak baik. Batasan yang direkomendasikan adalah sekitar 40 gram sehari," ungkap Angel Jovi dalam acara peluncuran Prochiz Cheddar Royale yang merupakan wajah baru dari produk Prochiz Cheddar, di Jakarta baru-baru ini.

Angel menambahkan terdapat penelitian yang menjelaskan dengan mengonsumsi 40 gram keju setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi, makanan ini ternyata bagus untuk kesehatan jantung.

Lantas, apakah berbahaya bila kamu mengonsumsi secara berlebihan?

“Keju ini mengandung sodium atau garam. Jadi, memang kalau dikonsumsi berlebihan juga memiliki risiko ke penyakit jantung. Lalu risiko lemak jenuhnya juga cukup tinggi sehingga memang berdampak buruk bagi kesehatan jika berlebihan,” jelas Angel.

Keju adalah salah satu jenis produk olahan susu yang  bernutrisi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain sebagai salah satu sumber nutrisi, keju juga berperan untuk memberikan cita rasa lebih lezat dan spesial untuk makanan.

Tidak heran jika keju menjadi salah satu  bahan makanan favorit untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tren ini sering kali membuat makanan yang dianggap sederhana/simpel menjadi terasa lebih spesial lezatnya dan juga mempercantik tampilan makanan serta menambah nilai makanan tersebut.

Rekomendasi