Manfaat Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Beberapa Contoh Kejujuran

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Jujur adalah sikap penting berupa lurus hati dan tidak berbohong yang harus dimiliki setiap orang. Sebab manusia adalah makhluk sosial yang tak lepas dari interaksi dengan orang lain. 

Dalam hubungan sosial jangan ragu-ragu untuk berperilaku dan berkata jujur, karena dengan terbiasa berperilaku dan berkata jujur justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat.

Menurut Aidh (2011) ada beberapa macam kejujuran, antara lain:

1. Jujur dalam ucapan, di mana manusia harus menjaga lisannya untuk tidak berkata kecuali benar dan jujur

2. Jujur dalam tekad dan memenuhi janji, di mana manusia harus menepati janjinya karena janji itu adalah utang.

3. Jujur dalam perbuatan seimbang antara lahiriah dan batiniah

4. Jujur dalam kedudukan agama yang merupakan kedudukan yang paling tinggi, sebagaimana jujur dalam rasa takut, pengharapan, dalam rasa cinta dan tawakkal.

A. Contoh jujur dalam kehidupan sehari hari

a. Perilaku Jujur di Lingkungan Rumah

1. Mengakui kesalahan kepada orang tua

Ketika memiliki suatu kesalahan baik kesalahan kecil maupun besar, kita diharuskan untuk berbicara jujur. Jangan sampai nanti kesalahan kita akan membawa malapetaka. Apalagi jika perbuatan tidak jujur tersebut akan merugikan orang lain.

2. Mengembalikan kelebihan uang belanja pada orang tua

Sering terjadi, saat orang tua meminta tolong untuk membantu belanja, ketika memang ada uang kembalian kita wajib memberikan keseluruhan dari uang tersebut. Kalau kamu berbuat jujur bisa saja kan orang tua kamu kasih uang tip karena telah membantu mereka.

3. Memberitahukan hasil ujian sekolah yang sebenarnya kepada orang tua

Jika memiliki nilai yang menurut kamu tidak terlalu bagus kamu harus tetap memberitahukannya kepada orang tuamu. Jangan sampai kamu melebih-lebihkan hanya karena ingin mendapat pujian. Kalau memang terdapat beberapa mata pelajaran yang sulit, orang tua kamu pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu kamu memahami pelajaran tersebut.

Ilustrasi (Sasin Tipchai dari Pixabay) 

4. Tidak mengambil barang anggota keluarga dengan sembarangan

Kalau kamu punya kakak atau adik hal seperti ini pasti sering terjadi. Banyak kasus kakak dan adik bertengkar lantaran meminjam barang tanpa izin terlebih dahulu. Sebaiknya sobat Era harus berhenti dari sifat tidak terpuji ini ya, sebaliknya harus mulai membiasakan meminta izin jika ingin meminjam barang.

b. Perilaku Jujur di Lingkungan Sekolah

1. Mengerjakan tugas atau ujian sekolah tanpa menyontek

Sobat Era harus percaya pada diri sendiri. Kalau memang sudah belajar yakinlah pada jawaban yang akan kamu tulis saat ujian atau mengerjakan tugas. Jangan mengandalkan contekan ya. Kalau tidak tahu jawabannya artinya harus lebih banyak belajar lagi.

2. Tidak berbohong kepada guru atau teman-teman

Sekolah merupakan lingkungan yang penting. Kamu harus mulai membangun rasa kepercayaan satu sama lain. Hal ini bisa dimulai dengan berbicara dengan jujur dengan teman maupun guru.

3. Tidak mengambil barang milik teman

Mengambil barang tanpa izin bisa dikategorikan dalam mencuri. Ini merupakan perbuatan tercela dan tidak terpuji. Sobat Era harus menjauhkan diri dari perbuatan mencuri ya.

b. Perilaku Jujur di Lingkungan Masyarakat

1. Tidak berbohong atau memfitnah orang lain

Lingkungan masyarakat adalah lingkungan yang akan menentukan kelayakan kamu dihadapan banyak orang. Jika kamu ingin membuat relasi yang bagus mulailah dengan tidak berbohong atau saling bergunjing satu sama lain.

2. Mengakui kesalahan jika melanggar peraturan lalu lintas

Jika kamu dalam suatu perjalanan harap memberikan perhatian penuh untuk keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya. Jika mendapati diri melanggar lalu lintas kamu harus mengakuinya dan tidak membuat argumen yang percuma denga petugas lalu lintas.

Operasi Patuh Jaya (Dok. Humas Polri)

3. Tidak menyuap polisi ketika ditilang

Kalau sobat Era terlanjur ditilang oleh pihak keamanan jangan mencoba untuk menyuap polisi itu. Jika memang diminta untuk membayar denda lakukanlah sesuai dengan prosedur hukum yang ditetapkan.

Kesimpulannya adalah bila kita berperilaku jujur, maka hidup kita akan tenang, bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Dan kejujuran merupakan kunci dari kesuksesan. Mari kita terapkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dan janganlah kita menjadi orang yang pembohong.

Tag: jujur kejujuran

Bagikan: