Negara Persemakmuran Inggris: Tujuan dan Anggota-Anggota di Dalamnya

| 09 Sep 2022 23:10
Negara Persemakmuran Inggris: Tujuan dan Anggota-Anggota di Dalamnya
Ilustrasi Ratu Elizabeth II dengan mengenakan mahkota kerajaan (Sumber gambar: NYTimes)

ERA.id - Istana Buckingham menginfokan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada usia 96 tahun. Dalam beberapa hari terakhir ini, seperti yang diketahui, keluarga kerajaan Inggris telah berkumpul di Istana Buckingham dan memberitakan bahwa Ratu Elizabeth tengah menjalani perawatan dokter.

Charles III. (Wikimedia Commons/Dan Marsh)

Ratu Kerajaan Inggris tersebut mempunyai nama asli Elizabeth Alexandra Marry Winsor dan lahir di Mayfair, London pada 21 April 1926. Selama 70 tahun terakhir, Ratu Elizabeth II memimpin kerajaan Inggris. Sepeninggal Ratu Elizabeth II, secara ototmatis putra sulungnya, yaitu Pangeran Charles akan memegang kepemimpinan negeri Inggris Raya sebagai raja dan membawahi 14 negara persemakmuran.

Mengenal Negara Persemakmuran

Dalam bahasa Indonesia, The Commonwealth of Nations disebut sebagai Negara-negara Persemakmuran, yang merupakan sebuah organisasi internasional yang terdiri dari Negara-negara berdaulat yang dibentuk atau yang pernah dijajah oleh Inggris (Great Britain).

Semua Negara Anggota Persemakmuran (Commonwealth) bersepakat bahwa Ratu Inggris yaitu Ratu Elizabeth II adalah ketua Persemakmuran. Ada juga sebagian Negara Anggota Persemakmuran yang menjunjung Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negaranya, antara lain Australia, Kanada, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya.

Seiring dengan berkembangnya organisasi ini, negara-negara yang tidak menjadi bekas jajahan Inggris juga dapat bergabung di dalamnya seperti Mozambik dan Rwanda.

Dilansir dari Britannica, saat ini negara-negara tersebut sudah merdeka dan mempunyai sistem pemerintahannya sendiri. Mereka berserikat karena mempunyai tujuan yang serupa dengan saling mendukung negaranya satu sama lain. Di seluruh dunia, ada sebanyak 53 negara yang tergabung di dalamnya. Tersebar di wilayah Eropa, Asia, Afrika, Amerika, Pasifik, dan Karibia.

Awalnya, anggota Negara Persemakmuran Inggris terdiri dari tiga negara yang bergabung dengan Britania Raya dalam negara persemakmuran, antara lain Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

Ada juga negara yang tidak pernah dijajah Inggris, tapi memutuskan berserikat dalam negara persemakmuran, diantaranya Namibia, Kamerun, dan Mozambik. Saat ini, jumlah total populasi seluruh negara persemakmuran ini ada sekitar 2,4 miliar orang. Hal ini menunjukkan, total penduduk negara persemakmuran Inggris ini mencakup sekitar 30 persen dari populasi manusia di Bumi.

Tujuan Negara Persemakmuran Inggris

Negara-negara anggota persemakmuran Inggris memiliki tujuan yang serupa, yaitu bersatu dan menjalin kerja sama dalam pengembangan ekonomi, sosial, dan HAM. Selain itu, anggota negara persemakmuran juga saling menyepakati bahwa isu lingkungan dan dampak perubahan iklim juga cukup penting untuk diselesaikan bersama-sama.

Daftar Negara Persemakmuran Inggris

Saat ini, daftar anggota negara persemakmuran Inggris terdiri dari:

  • Afrika: Kenya, Malawi, Lesotho, Botswana, Kamerun, Afrika Selatan, Tanzania, Uganda, Zambia, Gambia, Ghana, Malta, Mauritius, Mozambik, Namibia, Nigeria, Rwanda, St. Kitts dan Nevis, Swaziland, Seychelles, dan Sierra Leone.
  • Asia: Bangladesh, Brunei, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, dan Sri Lanka.
  • Eropa: Britania Raya dan Cyprus.
  • Amerika: Kanada.
  • Pasifik: Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kiribati, Fiji, Nauru, Kepulauan Solomon, Samoa, Tonga, Tuvalu, Vanuatu.
  • Karibia: Belize, St. Lucia, St. Vincent dan Grenadines, Bahamas, Antigua dan Barbuda, Barbados, Dominika, Trinidad dan Tobago, Jamaika, Grenada, dan Guyana.

Negara persemakmuran memiliki keyakinan bahwa setiap anak berhak menerima pendidikan sehingga mampu mencapai cita-cita dan berkehidupan yang lebih baik, serta menerima perawatan kesehatan ketika diperlukan.

Demikianlah pembahasan mengenai negara persemakmuran Inggris, beserta tujuan dan anggota-anggota yang ada di dalamnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi