Tak Butuh SIM hingga Kebal Hukum, Ini Hak Istimewa Ratu Elizabeth II yang Tidak Bakal Dimiliki Orang Biasa

| 09 Sep 2022 22:10
Tak Butuh SIM hingga Kebal Hukum, Ini Hak Istimewa Ratu Elizabeth II yang Tidak Bakal Dimiliki Orang Biasa
Ratu Elizabeth ketika masih muda (Twitter)

ERA.id - Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II memiliki berbagai fasilitas mengejutkan yang bakal bikin Eramania iri. Terdapat beberapa hak istimewa Ratu Elizabeth II yang bahkan tidak bisa dimiliki oleh konglomerat sekalipun.

Mozaik Ratu Elizabeth II (Unsplash)

Berikut ini Era rangkum beberapa hak atas fasilitas yang didapatkan Ratu Elizabeth II saat duduk dengan nyaman di atas takhta Inggris.

Hak Istimewa Ratu Elizabeth II

  1. Tidak Butuh SIM

Ratu Elizabeth telah mengemudi sejak dia berusia 19 tahun, ketika dia belajar saat bekerja di Layanan Wilayah Perang. Selain itu, ratu tidak pernah mengikuti tes mengemudi, karena tidak memerlukan lisensi untuk mengemudi di Inggris.

Ratu Elizabeth Mengemudi mobil SUV (Twitter)

Hingga tua bahkan ratu masih mengemudi. Namun perlu dicatat, tentu saja, bahwa dia biasanya terlihat mengemudi di sekitar perkebunan pribadinya, bukan di tempat umum.

  1. Batas kecepatan tidak berlaku

Meskipun Ratu Elizabeth cenderung hanya mengemudi di lahan pribadinya, namun secara teknis ia bisa melaju kencang di sekitar London dan menerobos lampu merah jika dia mau.

Sekali lagi, hal ini berkat kekuatan hak prerogatif kerajaan sehingga Elizabeth dibebaskan dari peraturan dan undang-undang yang dikecualikan yang mengatur jalan.

  1. Tidak Memerlukan Paspor

Fasilitas kerajaan Ratu Elizabeth tidak hanya ada di Inggris. Ratu dapat bepergian ke seluruh dunia tanpa membutuhkan paspor. Hal tersebut bukan hanya karena dia dikenal di seluruh dunia, namun karena paspor di Inggris dikeluarkan oleh Ratu.

  1. Tidak Perlu Bayar Pajak

Hak istimewa luar biasa lainnya yang datang saat menjadi ratu adalah bahwa Elizabeth tidak diwajibkan secara hukum untuk membayar pajak. Namun, dia secara sukarela telah membayar pajak pendapatan dan capital gain sejak tahun 1992.

  1. Pemilik semua lumba-lumba di Inggris.

Sang Ratu dikenal karena kecintaannya pada hewan. Berkat aturan sejak tahun 1300-an, dia secara teknis memiliki semua "ikan kerajaan" yang meliputi paus, lumba-lumba, dan sturgeon di perairan sekitar Inggris.

  1. Penguasa Angsa di Inggris

Selain menguasai ikan kerajaan di perairan di sekitar Inggris, Ratu Elizabeth juga memiliki setiap angsa di Sungai Thames. Perlu diketahui, keluarga kerajaan sebenarnya terlibat aktif dalam kehidupan angsa Inggris, dibuktikan ada Penjaga Angsa resmi yang telah ada selama 700 tahun.

  1. Punya Penyair Pribadi

Menjadi penyair ratu secara teknis ini adalah posisi kehormatan, tetapi sebenarnya ini adalah masalah yang cukup besar lantaran diharapkan menulis puisi untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting.

  1. Orang Pertama yang Memakai Internet

Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Elizabeth mengunjungi sebuah pusat penelitian telekomunikasi di Malvern, Inggris untuk memperingati kedatangan ARPANET yang merupakan jaringan komputer tonggak internet.

Ratu Elizabeth II adalah orang pertama yang mengirim email, dengan nama pengguna "HME2" (untuk Yang Mulia, Elizabeth II). Peter Kirstein, orang yang mengatur akun email ratu mengatakan jika ratu hanyalah menekan beberapa tombol, dan pesannya terkirim.

  1. Punya ATM Pribadi

Ratu tidak perlu mengantri di bank jika membutuhkan uang tunai. Bahkan, ratu tidak perlu keluar rumah. Istana Buckingham memiliki ATM sendiri di ruang bawah tanah, hanya untuk digunakan keluarga kerajaan.

  1. Kebal Hukum

Ratu menikmati Kekebalan Berdaulat, yang berarti dia tidak dapat dituntut. Jadi apa yang akan terjadi jika ratu tertangkap basah melakukan kejahatan? Jaksa bisa mengejar Mahkota sebagai Eksekutif, tetapi kemudian menteri Ratu akan bertindak atas namanya dan menerima segala hukuman.

Selain hak istimewa Ratu Elizabeth II, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi