Punya Warisan Capai Triliunan, Terungkap Ini Sumber Kekayaan Ratu Elizabeth II

| 15 Sep 2022 16:34
Punya Warisan Capai Triliunan, Terungkap Ini Sumber Kekayaan Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II mengenakan mahkota (NYTimes)

ERA.id - Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. Dia meninggal setelah berkuasa di Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Setelah kematian Elizabeth II, penerus takhta kerajaan Inggris adalah putra sulungnya, Pangeran Charles—saat ini disebut Raja Charles III. Namun, siapa orang yang mendapatkan kekayaan Ratu Elizabeth II?

Dikutip Era dari kompas, dikabarkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggalkan warisan sebanyak Rp7,4 triliun untuk Raja Charles III.

Kekayaan Kerajaan Inggris dan Elizabeth II

gambar Istana Buckingham (thepeakmagazine.com.sg)

Kerajaan Inggris memiliki harga yang sangat besar. Diperkirakan, Kerajaan Inggris memiliki kekayaan sebesar 95 miliar dolar Ameriksa Serikat atau setara sekitar Rp1.356 triliun.

Taksiran nilai kekayaan tersebut termasuk Istana Buckingham yang memiliki luas 77.109 meter persegi. Penaksiran kekayaan Kerajaan Inggris dilakukan oleh konsultan penilaian bisnis, Brand Finance.

Pada tahun 2022, harta pribadi Ratu Elizabeth II diperkirakan bernilai 365 juta pound sterling (sekitar Rp6,2 triliun). Sunday Times Rich List menunjukkan bahwa angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 15 juta pound dibanding penghasilan Ratu Elizabeth II tahun 2020 dan termasuk sovereign grant serta penghasilan pribadinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, peringkat Ratu Elizabeth II sebagai orang terkaya mengalami penurunan. Pada tahun 2020, dia berada di posisi ke-372, turun 30 peringkat sejak 2018. Dilansir Forbes, kekayaan bersih Kerajaan Inggris secara keseluruhan adalah 72,5 miliar pound sterling.

Sementara, sumber kekayaan Ratu Elizabeth II semasa menjadi penguasa Inggris ada tiga, yaitu pembayaran sovereign grant tahunan, privy purse, dan kekayaan serta warisan pribadi. Dikutip dari CNBC, berikut ini adalah rincian sumber kekayaan sang Ratu.

Sumber Kekayaan Ratu Elizabeth II

1.    Sovereign Grant

Crown Estate (static.dw.com)

Sovereign grant adalah angka yang diterima Ratu Elizabeth II setiap tahun dari pemerintah. Sang Ratu menerima 15% dari keuntungan yang diperoleh Crown Estate per tahun. Ini adalah bisnis properti di Inggris bernilai 8,1 miliar pound sterling.

Pada tahun 2020—2021, sovereign grant yang diberikan kepada Ratu Elizabeth II adalah 85,9 juta pound strerling.

2.    Privy Purse

Sumber kekayaan kedua Ratu Elizabeth II adalah kekayaan mandiri yang bukan berasal dari pembayar pajak. Pada dasarnya, privy purse merupakan portofolio tanah, properti, dan aset lainnya yang telah dipercayakan kepada kerajaan sejak 1399.

"Pada akhir Maret 2021, Lancaster memiliki 577,3 juta pound sterling aset bersih di bawah kendalinya, dengan surplus bersih sebesar 22,3 juta pound sterling," ungkap sebuah pernyataan di situs Duchy of Lancaster. Surplus bersih itu diterima oleh Ratu Inggris.

3.    Warisan Pribadi

Pendapatan lain Ratu Elizabeth II adalah warisan pribadi dan uang dari properti milik dirinya sendiri, contohnya Balmoral dan Sandringham Estates yang dia warisi dari ayahnya.

Selain itu, ada harta 10 juta pound sterling milik Pangeran Philip, sang suami yang telah meninggal terlebih dahulu. Harta tersebut diserahkan kepada Elizabeth II setelah Philip meninggal pada April 2021.

"The Times melaporkan bahwa bagian dari warisan Pangeran Philip termasuk koleksi besar lukisan karya Edward Seago dan 3.000 buku" tulis situs Good.to.

Selain itu, dia mendapatkan warisan dari sang ibu sekitar 70 juta pound sterling. Kekayaan tersebut didapatkan oleh Elizabeth II ketika ibunya meninggal pada tahun 2002. Warisan tersebut juga termasuk sejumlah karya seni bernilai tinggi. Itulah beberapa sumber kekayaan Ratu Elizabeth II semasa hidup.

Rekomendasi