Meninggal di Usia 96 Tahun, Ternyata Ini Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II, Salah Satunya Gemar Jalan Kaki

| 15 Sep 2022 19:02
Meninggal di Usia 96 Tahun, Ternyata Ini Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II, Salah Satunya Gemar Jalan Kaki
Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons/Joel Rouse/Ministry of Defence)

ERA.id - Ratu Elizabeth II baru saja meninggal dunia pada usia 96 dan tercatat sebagai pemimpin yang berada di singgasana kekuasaan paling lama yaitu selama 70 tahun.

Hingga masa hidupnya di bulan-bulan terakhir, Sang Ratu masih tetap aktif beraktivitas, termasuk saat menyambut Perdana Menteri Inggris yang baru, Lizz Truss.

Ratu Elizabeth II: Pemimpin Monarki Inggris Usai Perang Dunia II

hingga Era Modern Kini. (Foto: VOI.id)

Tentunya banyak yang bertanya-tanya dan penasaran rahasia panjang umur ala ratu Elizabeth II. Berikut penjelasannya dilansir dari sumber resmi:

Senang berjalan kaki

Ratu Elizabeth terkenal aktif dan memiliki banyak kegiatan semasa hidupnya. Namun, salah satu rutinitas yang sering ia lakukan yaitu rutin berjalan kaki setelah jam makan siang di taman Istana Buckingham.

Bisa jadi ini terdengar begitu sederhana, tetapi ternyata berjalan kaki memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Studi memperlihatkan bahwa manfaat berjalan kaki setiap hari secara teratur mampu menurunkan risiko stroke, diabetes, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Studi lain juga menunjukkan, perempuan yang melangkahkan kakinya sebanyak 4.400 setiap harinya hidup lebih lama daripada mereka yang kurang aktif berjalan. Jika Anda ingin mengikuti langkah ini, setidaknya Anda bisa berjalan selama setengah jam setiap harinya.

Melatih kinerja otak

Salah satu rahasia sehat dan bugar Ratu Elizabeth II yaitu selalu mengondisikan agar otaknya tetap aktif. Peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski menyebutkan bahwa setiap hari sang Ratu mendapatkan kotak besar yang berisikan dokumen-dokumen pekerjaan. Ia bisa berlama-lama hingga berjam-jam untuk membaca dan menganalisis dokumen pekerjaan tersebut.

Selain itu, Ratu Elizabeth II juga rajin membaca koran saat sarapan pagi dan selalu mengikuti semua peristiwa politik dan sosial yang sedang terjadi.

Rajin mengonsumsi buah

Mantan koki Istana, Darren McGrady, menyebutkan Ratu Elizabeth merupakan penggemar berat buah stroberi. Semasa hidupnya, ia sering mengonsumsi stroberi setiap hari.

Bahkan, saking hobinya dengan buah stroberi, Ratu Elizabeth memiliki kebun buah berries pribadi di pekarangan di rumahnya di Balmoral Castle, Skotlandia. Ia banyak menanam berbagai macam buah berries seperti raspberry, strawberry dan gooseberry.

McGrady mengatakan, Ratu Elizabeth akan mengonsumsi buah tersebut tiga atau empat kali dalam seminggu jika sedang musim.

Buah berries sendiri, khususnya strawberry, mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, buah berries juga dikenal kaya dengan kandungan antioksidan yang baik sebagai penangkal radikal bebas.

Gemar minum teh darjeeling

Ratu Elizabeth juga rajin minum the darjeeling. Di pagi hari, biasanya nenek dari Pangeran William dan Harry ini akan menyeruput secangkir teh Earl Grey atau Darjeeling, dengan tambahan sedikit susu dan tanpa gula. Selanjutnya, pada sore hari sekitar pukul 5 sore, Ratu dengan nama asli Elizabeth Alexandra Mary, tersebut akan kembali minum teh.

Darjeeling merupakan jenis teh hitam. Daun dalam teh Darjeeling memiliki kandungan polifenol atau senyawa tanaman yang dapat menangkal peradangan serta penyakit kronis jangka panjang.

Studi terbaru menyimpulkan bahwa flavonoid atau pigmen tumbuhan yang kaya dengan kandungan fitonutrien dalam teh mampu menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang diketahui, kolesterol tinggi dapat mengakibatkan tekanan serangan jantung, darah tinggi, atau stroke. Oleh karena itulah, rutinitas minum teh Sang Ratu dapat membantu dia mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

Doyan makan dark chocolate

Ratu Elizabeth II ternyata juga gemar mengonsumsi dark chocolate selain minum teh.

Masih menurut McGrady, Sang Ratu gemar dengan makanan cokelat, khususnya dark chocolate. Semakin gelap warna cokelatnya, maka semakin baik.

Dark chocolate adalah salah satu sumber antioksidan yang baik. Banyak studi yang menyebutkan bahwa cokelat hitam berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan memperkecil risiko penyakit jantung. Selain itu, dark chocolate juga berguna untuk memperlambat proses penuaan.

Demikianlah rahasia awet muda yang pernah dilakukan oleh Ratu Elizabeth II selama 96 tahun hidupnya. Apakah Anda mau mengikuti atau menerapkannya?

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi