Beberapa Peristiwa dalam Sejarah Penembakan Tokoh Dunia, Terbaru Imran Khan

| 04 Nov 2022 19:02
Beberapa Peristiwa dalam Sejarah Penembakan Tokoh Dunia, Terbaru Imran Khan
Mahatma Gandhi (Wikimedia Commons/Studio photograph of Mohandas K. Gandhi, London, 1931)

ERA.id - Peristiwa pembunuhan ataupun percobaan pembunuhan tidak hanya terjadi pada orang sipil. Aksi pembunuhan ini juga bisa berupa penembakan tokoh dunia yang pernah ada sepanjang sejarah dunia. Pembunuhan terhadap para tokoh maupun pemimpin bisa berlangsung begitu cepat tanpa diketahui motif yang sebenarnya.

Berikut kasus pembunuhan terhadap tokoh dunia yang terkenal sepanjang sejarah:

1. Mahatma Gandhi dan Nathuram Godse

Mohandas Karamchand Gandhi merupakan seorang pemimpin gerakan nasionalis India yang menentang pemerintahan Inggris. Selama ini bahkan Gandhi dianggap sebagai Bapak India. Ia mendapatkan apresiasi kalangan internasional karena doktrin protes tanpa kekerasan untuk meraih kemajuan politik dan sosial. Dengan menyatakan cara non-kekerasan, dia mengajukan protes terhadap pajak garam yang diterapkan Inggris.

Aksi protes massal itu menjadikan Inggris keluar secara teratur dari India. Namun, tak banyak orang yang sepakat dan senang dengan kebijakan dari Gandi. Pada sore hari, 30 Januari 1948, Gandhi yang makin lemah kondisinya di usia 78 tahun itu berpegang pada dua cucu perempuannya dari kediamannya di Birla House, New Delhi, menuju acara pertemuan doa. Lalu seorang ekstremis bernama Nathuram Godse yang kesal terhadap Gandhi, berlutut di hadapannya dan mengeluarkan pistol semi otomatis. Dalam jarak sangat dekat, dia menembak Gandhi sebanyak tiga kali. Godse dan rekan konspiratornya, Narayan Apye, diadili dan dijatuhi hukuman mati pada 15 November 1949.

2. John F Kennedy dan Lee Harvey Oswald

Presiden ke-35 Amerika Serikat, John F Kennedy, ditetapkan sebagai orang termuda dan penganut Katolik Roma pertama yang dipilih untuk memerintah di negeri itu. Hingga saat ini, para sejarawan menyimpulkan dirinya sebagai salah satu figur presiden yang dicintai sepanjang sejarah AS. Presiden Kennedy dibunuh pada 22 November 1963 saat tengah menjalani iring-iringan di mobil kepresidenan di Dallas, Texas. JFK menerima luka tembak di bagian kepala dan leher, dan selanjutnya meninggal setelah dilarikan ke Rumah Sakit Parkland.

3. Martin Luther King dan James Earl Ray

Martin Luther King Jr, dilahirkan pada 15 Januari 1929 dengan nama Michael Luther King Jr, di Atlanta, Georgia, AS. Dia adalah aktivis sosial yang memimpin pergerakan hak-hak sipil di AS pada pertengahan 1950 dan tewas terbunuh pada tanggal 4 April 1968.

Martin Luther King Jr memberikan peran besar dalam perlawanan menentang undang-undang pemisahan rasial antara keturunan Afrika Amerika dengan warga kulit putih di AS, terutama di wilayah selatan. Namanya mulai populer secara nasional ketika King Jr memimpin Konferensi Kepemimpinan Kristen Selatan (SCLC) yang menyuarakan perlawanan tanpa kekerasan oleh masyarakat kulit hitam Amerika untuk menerima hak-hak sipil mereka.

Perjuangan dan peranannya saat menentang praktik undang-undang pemisahan rasial itu menjadikannya sebagai peraih penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 1964. Selanjutnya, pada 4 April 1968, Martin Luther King tewas ditembak di balkon kamarnya di lantai dua Motel Lorraine di Memphis, Tennessee, AS saat memberi dukungan terhadap aksi mogok yang dijalankan para pekerja sanitasi di kota tersebut.

King tewas karena tembakan yang dilancarkan oleh seorang sniper. Pembunuhan King lantas mengakibatkan kerusuhan di banyak kota di seluruh AS. Pemerintah federal bahkan harus mengirimkan Garda Nasional ke Memphis dan di Washington DC untuk membuat situasi terkendali. Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Martin Luther King yang saat itu berusia 39 tahun sempat dilarikan ke rumah sakit.

4. Mantan PM Pakistan, Imran Khan

Peristiwa terbaru penembakan tokoh dunia adalah Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan. Ia ditembak ketika sedang memimpin aksi unjuk rasa menentang pemilihan cepat.

Mantan PM Pakistan Imran Khan (Sumber: Antara)

Imran Khan mendapatkan tembakan di tulang kaki keringnya pada Kamis 3 November 2022 saat menjalani konvoi protes anti pemerintahnya.

Eks PM Pakistan itu mendapatkan serangan di sisi timur negaranya. Hal tersebut dianggap sebagai upaya pembunuhan oleh pendukung Imran Khan.

Ketika menjabat sebagai Perdana Menteri, pada bulan April Imran Khan dikudeta dalam mosi tidak percaya parlemen.

Penembakan kepada Imran Khan terjadi ketika mantan Perdana Menteri itu melambai dari atap truk kontainer kepada ribuan pendukung yang bersorak.

Karena tembakan tersebut, beberapa orang yang ada dalam konvoi Imran Khan pun ikut terluka. Serangan terjadi di Wazirabad, yang berjarak sekitar 200 km dari ibu kota Islamabad.

Dari kabar terbaru, Menteri Penerangan Marriyum Aurangzeb menyebutkan jika seorang tersangka penembakan Imran Khan sudah diringkus.

Juru bicara partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), Fawad Chaudhry mengatakan, jika kondisi mantan Perdana Menteri tersebut saat ini masih stabil.

Demikianlah beberapa peristiwa penembakan tokoh dunia yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi