Mengenal Ciri-Ciri Bioma Gurun dan Daftar Negara yang Memilikinya

| 10 Jan 2023 22:03
Mengenal Ciri-Ciri Bioma Gurun dan Daftar Negara yang Memilikinya
Gurun Sahara (freepik)

ERA.id - Di dunia ada beberapa jenis bioma yang memiliki karakteristik berbeda-beda, salah satunya bioma gurun. Untuk menentukan jenis bioma gurun, kita perlu mengetahui ciri-ciri bioma gurun. Perlu diketahui, gurun merupakan padang luas yang tandus (padang pasir).

Menurut KBBI, bioma memiliki makna ekosistem dalam skala luas berupa wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama (contohnya hutan tropis, padang pasir/gurun, padang rumput), ditunjukkan dengan garis lintang dan bujur. Sementara, dikutip Era dari ilmugeografi.com, bioma merupakan ekosistem pada bentang lahan dengan karakteristik khas berdasarkan kondisi iklimnya yang didominasi oleh flora dan fauna tertentu yang terbentuk sesuai letak geografis atau letak astronomis.

Mengenali Ciri-Ciri Bioma Gurun

Masing-masing bioma memiliki ciri khas yang berbeda dengan bioma lainnya. Salah satu ciri dari bioma gurun yang paling mudah ditangkap adalah ketandusan. Untuk lebih lengkapnya, simak rincian ciri-ciri bioma gurun berikut ini.

·         Curah hujan kurang dari 250 mm/tahun (sangat rendah)

·         Tanah sangat tandus dan tidak bisa menyimpan air

·         Intensitas panas matahari tinggi

·         Laju penguapan (evaporasi) sangat tinggi

·         Kelembapan udara sangat rendah

·         Suhu ekstrem, pada siang hari bisa mencapai 60º C, sedangkan malam hari bisa mencapai 0º C

·         Jenis flora tergolong xerofit atau mampu hidup di alam yang kering dengan ciri-ciri berakar panjang dan memiliki batang serta daun yang memiliki lapisan lilin untuk mencegah penguapan

·         Air tanah cenderung berasa asin karena larutan garam di dalam tanah cenderung tidak berpindah, baik oleh pencucian oleh air maupun drainase.

Proses Terciptanya Gurun

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian dan ciri-ciri bioma gurun, Anda mungkin bertanya-tanya penyabab bioma tersebut bisa terjadi. Proses terjadinya bioma gurun terbagi menjadi dua.

·         Akibat proses pelapukan berbagai jenis batuan oleh perbedaan suhu yang sangat tajam: siang hari dan malam hari.

·         Akibat penguapan air tanah berlebih yang disebabkan oleh suhu yang sangat tinggi terhadap permukaan tanah serta atmosfer.

Lokasi Bioma Gurun

Secara astronomis, bioma gurun berada pada 20º sampai 30º lintang utara dan lintang selatan. Ada cukup banyak bioma gurun di dunia. Berikut adalah beberapa gurun terbesar dengan negara yang dilintasi oleh gurun tersebut.

1. Gurun Sahara

Unta-unta di Gurun Sahara (freepik)

Ada beberapa negara yang dilintasi oleh gurun terbesar di dunia ini. Dengan wilayah yang sangat luas, gurun ini terdapat di beberapa negara, yaitu Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia.

2. Gurun Arabia

Gurun Arabia atau The Arabian Desert meliputi cukup banyak negara, yaitu Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Yordania, Irak, Oman, Yaman, dan Iran.

3. Gurun Gobi

Gurun Gobi di Mongolia (freepik)

Gurun Gobi merupakan gurun terbesar di Asia. Negara yang dilewati oleh gurun ini adalah China dan Mongolia.

4. Gurun Kalahari

Negara yang dilewati oleh gurun ini antara lain Bostwana dan Namibia.

5. Gurun Patagonia

Gurun yang satu ini tidak ada di kawasan Asia-Afrika, melainkan benua Amerika. Gurun Patagonia terletak di Argentina.

6. Gurun Suriah

Meskipun nama gurun ini adalah Gurun Suriah, tetapi ada beberapa negara yang dilewati oleh gurun ini. Beberapa negara tersebut adalah Suriah, Yordania, Arab Saudi, dan Irak.

7. Gurun Taklamakan

China tidak hanya memiliki satu gurun. Gurun Taklamakan juga berada di wilayah China.

8. Gurun Great Victoria

Gurun ini terletak di Australia.

9. Gurun Karakum

Gurun Karakum berada di Turkmenistan.

10. Gurun Thar

Gurun ini berada di dua negara yang cukup sering berselisih, yaitu India dan Pakistan.

Itulah ciri-ciri bioma gurun dan negara-negara yang memilikinya. Diketahui bahwa gurun tidak hanya berkaitan dengan Timur Tengah sebab berbagai negara juga memiliki gurun, bahkan negara di benua Amerika. 

Rekomendasi