Daftar Marga Korea Langka dan Marga dengan Populasi Terbanyak

| 24 Jan 2023 13:05
Daftar Marga Korea Langka dan Marga dengan Populasi Terbanyak
Ilustrasi penduduk Korea (unsplash)

ERA.id - Penduduk Korea Selatan memiliki nama yang di dalamnya terdapat unsur nama marga. Ada beberapa marga yang dikenal sebagai marga paling umum, tetapi ada pula marga Korea langka.

Inilah salah satu alasan banyak artis drama Korea, artis K-pop, dan pemain sepak bola yang namanya hampir sama. Berdasarkan survei Kantor Statistik Nasional Korea tahun 2015, marga terbanyak di negara tersebut adalah Kim.

Dalam survei tersebut diketahui bahwa populasi marga Kim mencapai 21,5 persen penduduk (sekitar 10,6 juta jiwa). Marga dengan populasi terbanyak kedua adalah Lee, yaitu mencapai 14,7 persen (sekitar 7,3 juta jiwa). Di tempat ketiga adalah Park, yaitu mencapai 8,4% (sekitar 4,1 juta jiwa).

Sejarah Marga di Korea

Ilustrasi istana di Korea (unsplash)

Kemunculan marga di Korea berkaitan dengan sistem kasta Korea pada zaman dahulu. Pada zaman dinasti Goryeo, Raja Wang Geon menerbitkan aturan pemberian nama marga pada para bangsawan.

Tujuan dari pemberian nama marga tersebut adalah memudahkan pencarian serta pengklasifikasian penduduk keturunan raja. Tiga marga yang berkaitan dengan garis keturunan raja adalah Kim, Lee, dam Park.

Pada masa tersebut, rakyat jelata diperbolehkan menggunakan marga, tetapi di luar ketiga marga kerajaan tersebut. Selain itu, orang tersebut mesti mengikuti seleksi dan ujian semacan pegawai negeri sipil yang digunakan untuk meningkatkan derajat keluarga.

Pada abad ke-19, tepatnya pada dinasti Joseon, sistem kasta dihapus. Kemudian, pada abad ke-20 semua penduduk Korea memiliki marga sebagai identitas keluarga.

Ketika kebebasan memilih marga diberlakukan, banyak orang yang memililih menggunakan marga Kim, Lee, dan Park. Tak heran jika marga-marga tersebut saat ini mendominasi, terutama di Korea Selatan.

Marga Korea Langka

Secara berurutan, terdapat 10 marga di Korea yang memiliki populasi terbanyak. Berikut adalah rinciannya, dikutip Era dari Namsan Course.

1.    Kim (김): 10,6 juta jiwa

2.    Lee (이): 7,3 juta jiwa

3.    Park (박): 4,1 juta jiwa

4.    Choi (최): 2,m333 juta jiwa

5.    Jung/Jeong (정): 2,151 juta jiwa

6.    Kang (강): 1,176 juta jiwa

7.    Cho/Jo (조): 1,055 juta jiwa

8.    Yun/Yoon (윤): 1,02 juta jiwa

9.    Jang (장): 992.000 jiwa

10. Im/Lim (임): 823.000 jiwa

Sementara, ada pula beberapa marga yang memiliki jumlah populasi yang sedikit. Hal tersebut membuat mereka disebut sebagai marga yang langka di Korea.

Beberapa marga berasal dari negara lain, misalnya Jepang. Ada pula marga yang dinilai sebagai marga Korea Utara atau berasal dari Korea Utara. Berikut adalah beberapa marga Korea yang langka, berdasarkan survei yang dimulai tahun 2000.

·         Kangjeon 岡田 (강전): 51 jiwa

·         Gae 介 (개): 86 jiwa

·         Gok 曲 (곡): 155 jiwa

·         Kwog 鴌 (궉): 248 jiwa

·         Mae 梅 (매): 222 jiwa

·         Sam (삼): 49 jiwa

·         Sobong (소봉): 18 jiwa

·         Eogeum (어금): 51 jiwa

·         Jeo (저): 48 jiwa

·         Hak (학): 101 jiwa

·         Ya 夜 (야): 180 jiwa

·         Janggok (장곡): 52 jiwa

·         Chun 椿 (춘): 77 jiwa

·         Tan 彈 (탄): 155 jiwa

Itulah berbagai marga terumum dan marga Korea langka. Data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan beberapa tahun lalu sehingga bisa mengalami perubahan pada masa sekarang. 

Rekomendasi