Berkunjung ke China, Presiden Palestina Jadi Pemimpin Negara Arab Pertama yang Diterima Xi Jinping

| 14 Jun 2023 06:05
Berkunjung ke China, Presiden Palestina Jadi Pemimpin Negara Arab Pertama yang Diterima Xi Jinping
Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden China Xi Jinping (Antara)

ERA.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Selasa memulai kunjungan empat hari ke China atas undangan Presiden China Xi Jinping, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

Abbas menjadi pemimpin negara Arab pertama yang dijamu oleh Xi tahun ini ketika China dan Palestina memperingati 35 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Kantor berita China, Xinhua, melaporkan bahwa kunjungan kenegaraan Abbas ke China akan menjadi fondasi untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara, kata seorang pejabat senior Palestina.

Anggota Komite Pusat Fatah Palestina dan komisaris untuk hubungan dengan negara-negara Arab dan China, Abbas Zaki, mengatakan China dan Palestina adalah "teman yang lebih dekat daripada saudara."

Zaki mengatakan China dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak-haknya yang sah dan mendukung pembentukan negara Palestina merdeka, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Dia mengatakan Palestina menghargai seruan China untuk penyelesaian masalah Palestina yang adil dan komprehensif di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan tingkat lainnya.

Zaki mengatakan negara-negara Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, telah membuat kawasan Timur Tengah menjadi tidak stabil.

"Irak, Libya, dan Suriah dihancurkan oleh mereka, dan Sudan sekarang menghadapi fragmentasi," ujarnya.

Menurut Zaki, Amerika Serikat secara konsisten menunjukkan bias dan standar ganda dalam masalah Palestina, dan menghambat kemajuan pemulihan hak-hak sah rakyat Palestina.

Sementara itu, juru bicara Kemlu China Wang Wenbin pada konferensi pers Jumat (9/6) mengatakan bahwa masalah Palestina adalah pusat dari masalah Timur Tengah. Permasalahan Palestina penting bagi perdamaian dan stabilitas kawasan serta kesetaraan dan keadilan global.

"Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, China akan terus bekerja dengan komunitas internasional untuk solusi yang komprehensif, adil dan kokoh untuk masalah Palestina secepatnya," kata Wang.

Rekomendasi