Harga Tiket Kapal Selam Wisata Titanic dan Profil Titan

| 23 Jun 2023 16:04
Harga Tiket Kapal Selam Wisata Titanic dan Profil Titan
Kapal selam Titan (Reuters)

ERA.id - Kelima penumpang kapal selam Titan yang hilang sejak Minggu (18/6/2023) dinyatakan tewas dalam kejadian tersebut. Hal ini berdasarkan jumlah oksigen Titan yang perkiraan telah habis dan adanya ledakan besar diikuti penemuan puing-puing kapal.

OceanGate Expeditions, perusahaan ekpedisi kapal Titan, telah mengeluarkan pernyataan usai beberapa puing bagian kapal ditemukan.

"Kami sekarang percaya bahwa CEO kami Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, telah tiada," ungkap OceanGate, dikutip Era.id dari Marca.

Seperti diketahui, Titan merupakan kapal selam yang digunakan untuk wisata bawah air melihat bangkai kapal Titanic di kedalaman laut. Harga tiket kapal selam wisata Titanic tidak murah sebab wisata ini memang butuh sistem pengamanan yang luar biasa.

Mengenal Kapal Selam Titan

Dilansir Scientific American, Titan Submersive adalah kapal selam wisata milik OceanGate Expeditions, perusahaan wisata laut dalam. Kapal selam ini dapat memberikan pengalaman penjelajahan dasar laut untuk melihat bangkai kapal Titanic.

Panjang kapal selam dengan panjang sekitar 22 kaki ini bisa memuat satu orang pilot beserta empat penumpang. Sejauh ini, Titan menjadi satu-satunya kapal selam berkapasitas lima orang yang mampu menyelam hingga kedalaman hampir 2,5 mil di bawah permukaan laut.

Kapal selam Titan (Reuters)

Berdasarkan keterangan di situs web Ocean Gate, berat kapal selam Titan sekitar 10.432 kg. Lambung kapal terbuat dari serat karbon setebal 13 cm. Luas kapal titan terbilang sempit, yaitu 670 cm x 280 cm x 250 cm. Para penumpang Titan mesti duduk di lantai kapal dengan ruang gerak yang terbatas.

Titanic mampu melakukan penyelaman yang sangat dalam sehingga GPS tidak dipasang di kapal selam tersebut. Sistem komunikasi dengan pesan teks khusus digunakan oleh kru untuk menerima instruksi dari tim di kapal pendukung yang ada di permukaan.

Pilot yang ada di dalam Titan mengemudikan Titan berdasarkan instruksi tersebut. Pengemudian dilakukan dengan pengontrol video game yang dimodifikasi, seperti dilansir BBC Indonesia.

Penyelaman secara penuh ke bangkai Titanic, termasuk proses turun ke kedalaman dan naik ke permukaan, memakan waktu sekitar delapan jam. Sebuah insiden pernah terjadi, yaitu saat koresponden CBS, David Pogue, mencoba Titan pada 2018. Ketika itu, komunikasi dengan kapal penyangga terputus. Titan hilang di laut selama lebih dari dua jam, tetapi kemudian komunikasi kembali pulih.

Harga Tiket Kapal Selam Wisata Titanic

Seperti telah disinggung sebelumnya, kejadian pada Minggu (18/6/2023) bukan kali pertama Titan melakukan penyelaman. Kapal selam ini telah melakukan uji coba perdana di laut pada 2018.

Kemudian, pada 2021 pihak penyelenggara ekspedisi melakukan perjalanan perdana dengan biaya tiket sekitar Rp1,5 miliar. Tahun berikutnya, 2022, Titan melakukan 10 penyelaman, tetapi tidak semuanya dilakukan untuk menjelajahi bangkai Titanic.

Ekspedisi tahun ini menjadi ekpedisi ketiga OceanGate Expeditions ke lokasi bangkai kapal Titanic. Harga tiket untuk melakukan perjalanan selama 8 hari (termasuk menyelam ke bangkai Titanic) adalah 250 ribu US dolar atau sekitar Rp3,7 miliar.

Rekomendasi