Daftar Pemimpin Negara Termuda di Dunia Saat Ini

| 16 Oct 2023 14:05
Daftar Pemimpin Negara Termuda di Dunia Saat Ini
Brahim Traore, pemimpin Burkina Faso (Reuters)

ERA.id - Nama Ibrahim Traore jadi perhatian publik usai menyatakan dukungannya kepada kudeta militer Niger beberapa bulan lalu. Selain itu, dia adalah menjadi pemimpin negara termuda di dunia saat ini.

Traore adalah pemimpin Burkina Faso. Tahun ini usianya masih 35 tahun. Selain dia, ada beberapa nama yang juga tercatat sebagai pemimpin negara dengan usia yang muda. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah rinciannya.

Para Pemimpin Negara Termuda di Dunia

1. Ibrahim Traore (pemimpin Burkina Faso)

Telah disinggung sebelumnya, Ibrahim Traore menjadi pemimpin megara termuda di dunia saat ini. Dia berhasil duduk di kursi kekuasaan Burkina Faso setelah melancarkan kudeta kepada Paul-Henri Damiba pada September 2022.

Sebelumnya, Traore merupakan mahasiswa geologi. Setelah itu dia menempuh pendidikan di Sekolah Militer Georges Namonao.

Dilansir Insider, latar belakang pengambilalihan kekuasaan adalah para pendukung kudeta tak senang terhadap Damiba yang dinilai tak bisa menangani pasukan jihadis. Saat ini Ibrahim adalah pemimpin Burkina Faso sekaligus panglima angkatan bersenjata negara tersebut.

2. Gabriel Boric (Presiden Chile)

Gabriel Boric, presiden Chile, saat ini berusia 37 tahun. Dia mendapatkan posisi tersebut dua tahun lalu, yaitu saat usianya masih 35 tahun.  

Boric adalah pemimpim Chile yang berusaha membawa Chile ke arah “kiri” dengan mengedepankan nilai-nilai sosial demokrasi. Akan tetapi, hal tersebut tak mendapatkan persetujuan dari banyak pihak sebab dianggap terlalu gegabah. Dia memiliki upaya untuk mendorong rencana referendum konstitusi, tetapi hal tersebut akhirnya ditolak masyarakat pada September 2022.

3. Dritan Abazovic (PM Montenegro)

Dritan Abazovic adalah Perdana Menteri Montenegro. Tahun ini usianya sudah 37 tahun. Meski usianya saat menjadi perdana menteri terbilang muda, Abazovic sudah punya pengalaman panjang bekerja.

Dia telah bertugas di pemerintahan Montenegro selama delapan tahun. Awal karier di pemerintahan dimulai dengan menjadi anggota parlemen. Kemudian, pada April 2022 dia ditunjuk menjadi perdana menteri.

Dritan Abazovic, perdana menteri Montenegro (Reuters)

4. Mohammed bin Salman (PM Arab Saudi)

Mohammed bin Salman (MbS) adalah Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi. Dia tercatat sebagai salah satu kepala negara termuda di dunia.

Dia ditunjuk menjadi PM Arab Saudi ada September 2022. Usianya saat ini adalah 37 tahun. Meski putra raja, perdana menteri bukan jabatan dadakan yang dia emban. Sebelumnya, MbS menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri pertahanan.

Di masa kepemimpinannya, MbS cukup mendapat sorotan dunia, terutama negara-negara Islam. Dia membawa Arab Saudi ke arah yang lebih moderat.

5. Kim Jong Un (Pemimpin Korea Utara)

Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara, juga tercatat sebagai salah satu pemimpin negara termuda di dunia. Saat ini usianya 39 tahun, tetapi dia telah menjadi pemimpin Korea Utara sejak 2011. Dengan kata lain, ketika itu dia masih berusia 27 tahun. 

Kim mendapatkan jabatan tertinggi di Korea Utara menggantikan ayahnya. Jabatan pemimpin Korea Utara memang diwariskan turun temurun sejak kakek Kim Jong Un, Kim Il Sung.

Itulah beberapa pemimpin negara termuda di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi