Blak-blakan Puji Korea Utara Lewat Puisi, Lansia di Korsel Dihukum 14 Bulan Penjara

| 28 Nov 2023 08:08
Blak-blakan Puji Korea Utara Lewat Puisi, Lansia di Korsel Dihukum 14 Bulan Penjara
Pria lansia dipenjara 14 bulan (Dok: Yonhap News)

ERA.id - Seorang pria berusia 60-an tahun dijatuhi hukuman 14 bulan penjara karena puisi yang memuji rezim Korea Utara. Puisi itu menjadi pemenang penghargaan yang diterbitkan di situs berita milik pemerintah Korea Utara, Uriminzokkiri.

Menurut laporan Korea Herald, Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada hari Senin memutuskan pria Korea Selatan berusia 68 tahun yang diidentifikasi sebagai Lee Yoon-seop itu bersalah karena melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional. Dia terbukti mengirimkan puisi anti-negara ke corong Korea Utara pada bulan September 2016.

Pengadilan memvonisnya 14 bulan penjara dan menjatuhkan penangguhan kualifikasi selama satu tahun yang mempengaruhi hak pilih dan kelayakan untuk profesi dan status tertentu yang dijelaskan secara hukum.

Berjudul “Means of Unification,” artikel tersebut memuji manfaat unifikasi di bawah rezim sosialis Korea Utara, termasuk penyediaan perumahan gratis, pendidikan, layanan kesehatan dan lapangan kerja. Penulis juga menggarisbawahi potensi penurunan angka bunuh diri di negara yang dipimpin Kim Jong Un itu.

Pada November 2016, ia diakui sebagai pemenang kompetisi tersebut dan diketahui telah membagikan puisi tersebut ke komunitas online Korea Selatan.

Pada tahun 2013, ia meninggalkan komentar yang memuji Korea Utara pada berita terkait tentara Korea Utara, sambil memposting konten anti-negara di situs web dan blog Korea Selatan dari tahun 2014 hingga 2017.

Catatannya menunjukkan bahwa ia pernah menerima total 10 bulan penjara di masa lalu karena pelanggaran serupa.

Dalam putusannya pada hari Senin, pengadilan Seoul menyoroti bahwa terdakwa terus menghasilkan dan menyebarkan sejumlah besar propaganda yang memuliakan dan memuji Korea Utara. Hal ini terjadi dalam waktu tiga tahun setelah menyelesaikan hukuman sebelumnya, sehingga membuatnya berulang kali melakukan pelanggaran.

Rekomendasi