Iran Mulai Terapkan Bebas Visa Untuk 28 Negara, Indonesia Salah Satunya

| 05 Feb 2024 12:38
Iran Mulai Terapkan Bebas Visa Untuk 28 Negara, Indonesia Salah Satunya
Iran bebaskan visa untuk 28 negara (Dok: instagram/iran)

ERA.id - Pemerintah Iran memberlakukan bebas visa untuk Indonesia dan puluhan negara lainnya untuk wisatawan. Keputusan bebas visa itu disebut sebagai upaya untuk meningkatkan industri pariwisata di Negara Teluk Persia tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri iran untuk Urusan Konuler Alireza Bikdeli mengatakan pembebasan visa untuk 28 negara itu berlaku mulai 4 Februari 2024. Pembebasan visa itu disebut sudah disetujui oleh kabinet Iran.

Negara-negara yang diberikan pembebasan visa turis oleh Iran antara lain Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tunisia, Tanzania, Mauritania, Zimbabwe, Mauritius, Seychelles, Jepang, Indonesia, Singapura, Kuba, Vietnam, Kamboja, Brunei, Brasil, Meksiko, Peru, Kroasia, Serbia, Bosnia dan Herzegovina, Belarus, dan India.

"Bagi wisatawan India, pembebasan visa hanya berlaku bagi mereka yang bepergian ke Iran dengan pesawat tetapi tidak bagi mereka yang memasuki negara tersebut melalui penyeberangan perbatasan darat," kata Alireza Bikdeli, dikutip IRNA, Senin (5/2/2024).

Menurut laporan, kebijakan itu diambil karena Iran telah lebih dulu menawarkan bebas visa masuk bagi warga negara Turki, Azebaijan, Oman, China, Armenia, Lebanon, dan Suriah.

Tahun lalu, Menteri Warisan Budaya, Kerajinan Tangan dan Pariwisata Iran Ezzatollah Zarghami mengatakan keputusan kabinet Iran untuk membatalkan persyaratan visa bagi pengunjung dari negara tertentu secara sepihak ditujukan untuk meningkatkan sektor pariwisata negara tersebut.

Teheran juga telah menghidupkan kembali hubungan dengan UEA dan Kuwait dan terlibat dalam diplomasi sebagai usaha untuk memulihkan hubungan dengan Bahrain.

Menurut pengamat, kebijakan tersebut memperlihatkan kecenderungan Iran untuk memperkuat hubungan diplomatik dan budaya dengan negara-negara di Amerika Latin, Asia Selatan dan Asia Tengah.

Bigdeli juga mengonfirmasi bahwa warga negara dari 28 negara akan diberikan bebas visa masuk ke Iran, namun hanya berlaku bagi mereka yang bepergian ke Iran melalui udara, bukan melalui penyeberangan perbatasan darat.

Rekomendasi