Dalgona hingga Tteokbokki Diajukan Jadi Kosakata Baru di Kamus Bahas Inggris Oxford

| 28 Feb 2024 20:15
Dalgona hingga Tteokbokki Diajukan Jadi Kosakata Baru di Kamus Bahas Inggris Oxford
Dalgona diajukan jadi kosakata baru kamus Oxford (Dok: X/@tang__kira)

ERA.id - Budaya Korea Selatan belakangan ini mencuri perhatian dunia, termasuk bahasa. Bahasa Korea Selatan seperti dalgona dan tteokbokki disebut akan masuk ke dalam kamus besar Bahasa Inggris Oxford.

Profesor Jo Ji-eun, konsultan Korea di Oxford English Dictionary mengatakan kata-kata seperti dalgona, tteokbokki, dan Jigae yang terkenal lewat drama Korea sedang dipertimbangkan untuk masuk ke dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford.

"Saya pikir kata-kata makanan Korea akan terus masuk di masa depan. Bahasa Korea memperluas cakrawala bahasa Inggris," kata Jo, dikutip The Joong Ang, Rabu (28/2/2024).

Lalu, kata Jo, dia menilai anak-anak kemungkinan besar mempunyai fantasi tentang Korea. Dia juga menjelaskan populernya bahasa Korea di kalangan luas disebabkan oleh pengaruh drama Korea.

"Ini juga merupakan pengaruh drama Korea," ujarnya.

Profesor Cho Ji-eun adalah profesor penuh waktu di Institut Studi Oriental Universitas Oxford dan Hartford College, mengajar linguistik dan terjemahan, serta mempelajari penyebaran Gelombang Korea melalui bahasa Korea.

Sejak 2021, tercatat 26 kata dalam bahasa Korea seperti mukbang, chimaek, gimbab, hingga jackpot sudah terdaftar di Kamus Bahas Inggris Oxford.

Rekomendasi