Sebut Pertemuan dengan Jepang Tidak Menarik, Korea Utara Tolak Lakukan Negosiasi

| 26 Mar 2024 22:10
Sebut Pertemuan dengan Jepang Tidak Menarik, Korea Utara Tolak Lakukan Negosiasi
Korea Utara tolak negosiasi dengan Jepang (Era.id/Luthfia)

ERA.id - Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan Pyongyang akan menolak kontak atau negosiasi apa pun dengan Jepang. Keputusan ini terjadi seiring dengan hubungan dua negara yang kembali memanas.

Kim Yo Jong, yang merupakan salah satu juru bicara utama rezim tersebut mengatakan bahwa Perdana Menteri Tokyo Fumio Kishida telah meminta pertemuan puncak dengan pemimpin Pyongyang. Akan tetapi Kim Yo Jong mengatakan pertemuan tersebut tidak mungkin terjadi tanpa perubahan kebijakan oleh Tokyo. 

Namun pada hari Selasa (27/3/024), dengan alasan kurangnya “keberanian” Tokyo terhadap hubungan baru Korea Utara-Jepang, termasuk pendiriannya mengenai masalah penculikan dan program militer Korea Utara, Kim Yo Jong mengatakan Pyongyang akan menolak kontak apa pun dengan Jepang. 

“Pemerintah kami sekali lagi memahami dengan jelas sikap Jepang, dan kesimpulannya adalah kami akan mengabaikan dan menolak kontak atau negosiasi apa pun dengan pihak Jepang,” katanya, menurut Kantor Berita Pusat Korea resmi Pyongyang (KCNA), Selasa (27/3/2024).

“Pertemuan puncak Korea Utara-Jepang tidak menarik bagi kami,” tambahnya. 

Hubungan antara kedua negara secara historis tegang, termasuk perselisihan penculikan yang sudah berlangsung lama dan program senjata terlarang Korea Utara, namun Kishida baru-baru ini menyatakan keinginannya untuk memperbaiki hubungan, yang menurut Pyongyang tidak ditentang. 

Tahun lalu, Kishida mengatakan dia bersedia bertemu Kim "tanpa syarat apa pun", dan mengatakan Tokyo bersedia menyelesaikan semua masalah, termasuk penculikan warga Jepang oleh agen Korea Utara pada tahun 1970-an dan 1980-an, yang masih menjadi masalah emosional di Jepang. 

Kishida mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak mengetahui laporan KCNA sebelumnya, dan tidak secara langsung mengomentari isinya, sambil menyebut pembicaraan tingkat tinggi dengan Korea Utara “penting”. 

“Bagi hubungan Jepang-Korea Utara, perundingan tingkat tinggi penting untuk menyelesaikan masalah seperti masalah penculikan,” kata Kishida di parlemen, mengacu pada penculikan yang terjadi pada tahun 1970an dan 80an. 

Kim Yo Jong sebelumnya telah memperingatkan jika Jepang tetap "terlibat dalam masalah penculikan yang tidak ada penyelesaian lebih lanjut" maka harapan Kishida untuk memperbaiki hubungan tidak akan terwujud. 

Korea Utara mengakui pada tahun 2002 bahwa mereka telah mengirimkan agen untuk menculik 13 orang Jepang pada tahun 1970an dan 80an yang digunakan untuk melatih mata-mata dalam bahasa dan adat istiadat Jepang. 

Penculikan tetap menjadi isu yang kuat dan emosional di Jepang dan kecurigaan masih ada bahwa lebih banyak orang yang diculik daripada yang diakui secara resmi.

Rekomendasi