Resmi Buka Akun Instagram, Keluarga Kerajaan Jepang Berharap Bisa Dekat dengan Anak Muda

| 05 Apr 2024 19:30
Resmi Buka Akun Instagram, Keluarga Kerajaan Jepang Berharap Bisa Dekat dengan Anak Muda
Instagram keluarga kerajaan jepang (instagram/kunaicho_jp)

ERA.id - Keluarga Kerajaan Jepang resmi membuka akun Instagram pada Senin (1/4/2024). Pembukaan akun Instagram itu diharapkan bisa menarik perhatian kaum muda.

Kerajaan tertua di dunia ini memulai debutnya di media sosial untuk menghilangkan citranya sebagai negara yang tertutup dan tidak terhubung dengan generasi muda di negara tersebut.

Melansir CNBC News, Akun Badan Rumah Tangga Kekaisaran, sebuah lembaga pemerintah yang betanggung jawab atas urusan keluarga, menggunakan nama @kunaicho_jp. Pada hari pertama peluncuran, akun tersebut langsung diikuti oleh lebih dari 320 ribu pengikut.

Pada hari pertama perilisannya, sedikitnya 60 foto dan lima video dibagikan dalam rentang beberapa jam. Akun itu menampilkan tiga bulan pertama keluarga kerajaan dalam setahun, mulai dari perayaan Tahun baru hingga ulang tahun kerajaan.

Kaisar Naruhito, Permaisuri Masako dan putri mereka yang berusia 22 tahun, Putri Aiko, hadir sepanjang upacara, menghadiri upacara dan bertemu dengan pejabat lainnya.

Meski beralasan agar bisa dekat dengan generasi muda, akun Instagram Kerajaan Jepang justru memilih untuk tidak mengaktifkan kolom komentar. Hal ini pun menimbulkan beragam reaksi dari publik di Jepang atas keputusan tersebut.

Sebelumnya, keluarga kerajaan Jepang, yang dianggap sebagai monarki tertua di dunia, mengatakan mereka mencoba menjangkau generasi muda dengan memposting di Instagram dan akan mempertimbangkan untuk membuka akun di Facebook dan X di masa depan.

"Karena Keluarga Kekaisaran dibangun berdasarkan konsensus rakyat, kami berharap hal ini akan memperdalam pemahaman di antara generasi muda yang akan memimpin generasi berikutnya," kata Mariko Fujiwara, kepala kantor hubungan masyarakat di Badan Rumah Tangga Kekaisaran, menurut Surat kabar Asahi Shimbun Jepang minggu lalu.

Keluarga kekaisaran kini akhirnya bisa mengejar ketertinggalan dari bangsawan lain di seluruh dunia, dengan keluarga kerajaan Inggris bergabung dengan X sekitar 15 tahun yang lalu.

Namun, bulan lalu juga menyoroti potensi bahaya media sosial, seiring dengan upaya institusi berusia ribuan tahun ini untuk beradaptasi dengan dunia modern.

Jepang mempunyai skandal kerajaannya sendiri pada tahun 2021, ketika Putri Mako, keponakan mantan Kaisar Naruhito yang populer, menikah dengan orang biasa dan secara dramatis keluar dari kehidupan kerajaan dalam situasi yang mengingatkan pada Pangeran Harry dari Inggris dan Megan, Duchess of Sussex.

Ketidaksetujuan publik terhadap pengantin pria mendominasi berita utama surat kabar karena perselisihan keuangan yang melibatkan ibunya yang menunda pernikahan. Mako akhirnya melepaskan status kerajaannya dan menolak pembayaran sekaligus sebesar 1,3 juta dolar AS yang diterima bangsawan perempuan ketika menikah dengan orang luar.

Dengan merambah ke dunia media sosial, keluarga kerajaan Jepang berharap dapat menyeimbangkan dukungan lama mereka dari kelompok konservatif di negara tersebut dengan daya tarik baru bagi audiens yang lebih muda.

Rekomendasi