Detik-Detik Pesawat IndiGo dan Air India Nyaris Tabrakan, Selisih hanya Tiga Detik

| 10 Jun 2024 17:00
Detik-Detik Pesawat IndiGo dan Air India Nyaris Tabrakan, Selisih hanya Tiga Detik
IndiGo dan Air India nyaris tabrakan (X/@milinddeora)

ERA.id - Pesawat IndiGo dan Air India nyaris tabrakan di landasan pacu di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj Mumbai, India. Seorang pengontrol lalu lintas udara pun ditangguhkan menyusul insiden mengerikan itu.

Dalam video yang beredar di media sosial terlihat sebuah pesawat IndiGo mendarat di landasan pacu, sementara Air India akan lepas landas dari bandara tersebut. Rekaman kejadian menunjukkan betapa dekatnya jarak kedua jet tersebut, dimana pesawat Air India lepas landas hanya beberapa detik sebelum pesawat IndiGo mendarat.

Menurut layanan pelacakan penerbangan Flightradar24, kedua pesawat berjarak 509m satu sama lain secara lateral pada titik terdekatnya selama insiden dan berjarak 511m ketika pesawat Air India mulai lepas landas.

"Jet IndiGo mendarat tiga detik setelah ini," menurut data Flightradar24.

Penerbangan Indigo, 6E5053, tiba dari Indore di negara bagian Madhya Pradesh, sedangkan penerbangan Air India, AI657, menuju Thiruvananthapuram, ibu kota negara bagian Kerala. Kedua pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut adalah Airbus A320neos.

Menurut Deccan Herald, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India telah memecat pengawas lalu lintas udara yang terlibat dalam insiden tersebut.

"Regulator penerbangan juga telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut," lapor harian itu.

Sementara itu, dalam pernyataannya, baik IndiGo maupun Air India menyatakan telah mematuhi instruksi yang diberikan oleh pengatur lalu lintas udara. IndiGo mengatakan pesawatnya telah diberi izin mendarat oleh pengatur lalu lintas udara.

"Pilot yang memimpin melanjutkan pendekatan dan pendaratan serta mengikuti instruksi (pengendali lalu lintas udara)," demikian menurut IndiGo.

"Di IndiGo, keselamatan penumpang adalah yang terpenting bagi kami, dan kami telah melaporkan kejadian tersebut sesuai prosedur," sambungnya.

Senada dengan IndiGo, Air India mengatakan pesawatnya juga telah diizinkan oleh pengatur lalu lintas udara untuk memasuki landasan pacu dan kemudian diizinkan untuk lepas landas.

"Pesawat Air India melanjutkan proses lepas landas sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Penyelidikan telah dimulai oleh pihak berwenang untuk mengetahui lebih lanjut tentang izin yang diberikan kepada maskapai penerbangan," kata pernyataan Air India.

Rekomendasi