Kamala Harris Tolak Buka Obrolan Soal Embargo Senjata ke Israel

| 09 Aug 2024 12:40
Kamala Harris Tolak Buka Obrolan Soal Embargo Senjata ke Israel
Kamala Harris (X/KamalaHarris)

ERA.id - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menolak untuk membicarakan pemberlakuan embargo senjata kepada Israel. Kamala disebut tetap mendung Israel sambil terus melindungi warga sipil di Gaza.

Penasihat keamanan nasional Kamala Harris, Phil Gordon, mengatakan calon presiden Amerika Serikat itu menolak untuk membicarakan masalah embargo senjata kepada Israel. Phil menekankan bahwa Kamala akan terus melindungi warga sipil di Gaza.

"@VP telah menjelaskan: ia akan selalu memastikan Israel mampu mempertahankan diri dari Iran dan kelompok teroris yang didukung Iran. Ia tidak mendukung embargo senjata terhadap Israel. Ia akan terus bekerja untuk melindungi warga sipil di Gaza dan menegakkan hukum humaniter internasional," kata Phil Gordon, dalam sebuah posting di X.

Penolakan Harris untuk membahas isu embargo senjata ini menyusul permintaan komunitas Muslim dan Palestina, Uncommitted National Movement, yang sebelumnya meminta pertemuan khusus dengan Kamala Harris dan Tim Walz.

Menurut laporan Reuters, dua pendiri kelompok Uncommitted, Layla Elabed dan Abbas Alawieh, sebelumnya mengatakan bahwa mereka berbicara dengan Harris dan calon wakil presiden yang baru dilantik Tim Walz dari Minnesota tentang kekhawatiran mereka tentang AS yang memasok senjata ke Israel saat negara itu melancarkan perang di Gaza.

Selama pembicaraan itu, Alawieh mengatakan bahwa ia dan Elabed meminta pertemuan khusus untuk membahas tuntutan embargo senjata terhadap Israel. Dalam kesempatan itu, Harris disebut terbuka untuk menindaklanjuti pembicaraan itu.

Kelompok politik Uncommitted diorganisasi untuk menentang dukungan kuat Presiden Joe Biden terhadap perang Israel, yang telah mengungsikan hampir 80 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza dan menyebabkan kekurangan pangan yang parah.

Bencana kemanusiaan di Gaza telah mendorong seruan kepada Washington untuk memberikan syarat pada miliaran dolar dalam pendanaan militer dan bantuan lain yang diberikannya kepada Israel, yang telah menerima lebih banyak bantuan asing AS sejak Perang Dunia Kedua daripada negara lain mana pun.

Amerika Serikat pada bulan Mei menghentikan pengiriman bom seberat 2.000 pon dan 500 pon karena khawatir akan dampaknya di Gaza.

Gerakan Uncommitted mengumpulkan total suara yang cukup besar dalam kontes pencalonan presiden di Michigan, Minnesota, dan Hawaii, dan telah memenangkan sedikitnya 25 delegasi. Para pemimpin mengatakan mereka ingin menggunakan pengaruh mereka pada Konvensi Nasional Demokrat bulan ini di Chicago.

Rekomendasi