Lima Kali Gagal, Mantan Menteri Pertahanan Jepang Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru

| 27 Sep 2024 16:15
Lima Kali Gagal, Mantan Menteri Pertahanan Jepang Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru
Shigeru Ishiba (X/@shigeruishiba)

ERA.id - Mantan Menteri Pertahanan Jepang, Shigeru Ishiba, terpilih menjadi Perdana Menteri yang baru menggantikan Fumio Kishida. Ishiba memenangkan pemilihan itu setelah mengalahkan nasionalis garis keras, Sanae Takaichi.

Dalam pemilihan kelimanya, Ishiba memenangkan 215 dari 414 suara yang diberikan oleh anggota parlemen Partai Demokrat Liberal (LDP), sementara lawannya menteri keamanan ekonomi, Sanae Takaichi, hanya memperoleh 194 suara.

Mengutip Kyodo News, Ishiba akan ditunjuk sebagai perdana menteri di parlemen pada Selasa (1/10) mendatang. Dia akan menghadapi tantangan untuk merombak partai yang diterpa skandal dana gelap dan memulihkan kepercayaan pemilihan menjelang pemilihan nasional yang tidak lama lagi diadakan.

Perebutan jabatan perdana menteri ini dimulai ketika Fumio Kishida mengumukan mundur dari jabatannya pada Agustus lalu. Kishida mundur lantaran serangkaian skandal yang menjatuhkan peringkat Partai Demokrat Liberal (LDP) ke titik terendah.  

Pemungutan suara putaran kedua diadakan setelah tidak ada satu pun dari sembilan kandidat yang memperoleh suara mayoritas dari 735 suara yang diberikan oleh anggota parlemen LDP dan anggota biasa di putaran pertama. Shinjiro Koizumi, kandidat termuda di usia 43 tahun, gagal dalam upaya pertamanya.

Pemungutan suara dilakukan beberapa hari setelah oposisi utama Partai Demokrat Konstitusional Jepang memilih mantan Perdana Menteri Yoshihiko Noda sebagai pemimpinnya. Noda memimpin Jepang selama sekitar satu tahun sejak 2011 di bawah partai pendahulu CDPJ.

Ishiba dikenal sebagai pakar kebijakan yang berpengalaman dalam pertahanan dan revitalisasi regional. Dia juga cukup populer di kalangan pendukung lokal tetapi telah berjuang untuk memperluas dukungannya di antara anggota parlemen partai, salah satu alasan utama mengapa empat pencalonan presidennya sebelumnya gagal.  

Selama periode kampanye 15 hari, yang merupakan yang terpanjang dalam catatan, sembilan kandidat menyampaikan visi mereka untuk Jepang, negara yang menua dengan cepat dengan potensi pertumbuhan yang rendah dan sekutu utama AS di Asia, di mana lingkungan keamanan semakin parah.

Ishiba telah menimbulkan kontroversi dengan rekan-rekannya karena menentang arus dan menantang para pemimpin sebelumnya dan telah gagal dalam empat upaya kepemimpinan sebelumnya. Ia mengatakan tidak akan mencalonkan diri lagi setelah kontes ini.

Ia mendukung beberapa kebijakan progresif sosial seperti mengubah undang-undang untuk mengizinkan pasangan menikah menggunakan nama keluarga terpisah.

Rekomendasi