Sesumbar Sudah Kalahkan Hamas Usai Setahun Perang, Netanyahu: Kami Mengubah Kenyataan

| 07 Oct 2024 15:15
Sesumbar Sudah Kalahkan Hamas Usai Setahun Perang, Netanyahu: Kami Mengubah Kenyataan
Netanyahu (X/Netanyahu)

ERA.id - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berjanji akan meraih kemenangan untuk negaranya dalam melawan Hamas dan Hizbullah. Janji ini dia sampaikan tepat setahun perang di Jalur Gaza dimulai.

Netanyahu mengatakan kepada pasukannya bahwa Israel akan menang saat memerangi militan di Jalur Gaza, Lebanon, dan bersiap menyerang Iran. Umbar janji itu dia sampaikan tepat setahun sejak serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh militan Hamas Palestina memicu perang Gaza.

"Setahun yang lalu, kami mengalami pukulan yang mengerikan. Selama 12 bulan terakhir, kami telah sepenuhnya mengubah kenyataan," kata Netanyahu kepada pasukan saat berkunjung ke perbatasan Lebanon, dikutip Reuters, Senin (7/10/2024).

Kepala militer Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi mengatakan bahwa, Israel berhasil mengalahkan Hamas satu tahun kemudian.  

Perang yang terjadi di Jalur Gaza berawal dari serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera ratusan orang. Sejak serangan itu, Netanyahu berjanji untuk menghancurkan para militan itu. 

Pada akhir September, Israel mengalihkan fokusnya ke utara, mengintensifkan aksi militer terhadap Hizbullah yang didukung Iran yang secara rutin mengirim roket ke perbatasan dari Lebanon untuk mendukung Hamas.

Hamas pada hari Minggu menyebut serangan 7 Oktober itu mulia dan mengatakan Palestina mengukir sejarah baru dengan perlawanan mereka.

Sementara itu, serangan militer Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 41.870 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut angka yang diberikan oleh kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas dan digambarkan sebagai angka yang dapat diandalkan oleh PBB.

Sebagian besar penduduk Gaza mengungsi dan sebagian besar perumahan dan infrastruktur wilayah tersebut hancur.

Rekomendasi