Momen Ketua MPR Singgung Palestina di Depan Utusan Khusus AS, Disambut Seruan Free Palestine

| 20 Oct 2024 15:00
Momen Ketua MPR Singgung Palestina di Depan Utusan Khusus AS, Disambut Seruan Free Palestine
Ahmad Muzani (Dok. YouTube DPR RI)

ERA.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani menegaskan kembali sikap pemerintah Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Sikap tegas itu disampaikan oleh Muzani di depan utusan khusus Presiden Amerika Serikat, Linda Thomas Greenfield.

Dalam pidatonya di gedung DPR/MPR saat pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming Raka, Muzani menegaskan kembali bahwa Indonesia akan terus berada di sisi Palestina.

"Dalam hubungan internasional, situasi global yang semakin kompleks, salah satu isu yang ditangani secara tepat adalah perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Minggu (20/10/2024).

Lalu, kata Muzani, situasi yang terjadi di Palestina bukanlah masalah regional, tetapi juga menjadi masalah kemanusiaan. Hal ini lah yang harus menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia yang selalu menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kemanusiaan.

"Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kemanusiaan, Indonesia memiliki tanggung jawab moral yang terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," tegasnya.

Dukungan untuk Palestina, kata Muzani, dilakukan melalui diplomasi yang aktif dan mendorong negara-negara dunia untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina.

Dalam pidatonya itu, Muzani pun menaruh harapan besar kepada Presiden Prabowo untuk bisa terus melanjutkan komitmen perjuangan Indonesia dalam mendukung Palestina.

"Kepada Presiden Prabowo Subianto, melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen perjuangan ini, menjadikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina sebagai bagian dari kebijakan politik luar negeri kita," pungkasnya.

Pidato Ahmad Muzani itu pun mendapat sambutan hangat dari para anggota parlemen dan juga tamu negara. Terdengar seruan 'Free Palestine!' ketika Muzani mengakhiri pidatonya.

Di sisi lain, sambutan soal Palestina itu disampaikan oleh Muzani tepat dihadapan utusan khsusu Presiden AS Joe Biden,  Linda Thomas Greenfield. Hal ini sangat menarik lantaran Amerika Serikat kerap kali menggunakan hak veto-nya di PBB dalam menggagalkan resolusi yang diusung oleh PBB.

Rekomendasi