Turunkan Bendera, Konsulat AS di Chengdu Resmi Tutup

| 27 Jul 2020 20:00
Turunkan Bendera, Konsulat AS di Chengdu Resmi Tutup
Penurunan bendera Amerika Serikat di Konsulat AS di Chengdu, China

ERA.id - Amerika Serikat menutup konsulatnya di kota Chengdu, China, pada Senin (27/7/2020) pagi. Hal ini menandai hubungan diplomatik Beijing-Washington yang memburuk.

Seperti dilaporkan CNN, bendera Amerika di komplek konsulat tersebut diturunkan saat fajar, seperti dilaporkan oleh kantor radio milik pemerintah China CCTV. Warga setempat dibatasi oleh barisan polisi yang mengelilingi kompleks konsulat tersebut di jam-jam terakhir menuju tenggat penutupan.

Perintah penutupan konsulat jenderal AS dilayangkan oleh Beijing pada hari Jumat lalu, sebagai balasan atas ditutupnya konsulat China di kota Houston, Texas, AS. Pemerintah AS menuduh China melakukan spionase terhadap negara tersebut.

Durasi persiapan penutupan misi Chengdu dibatasi 72 jam sama seperti yang diberikan pemerintah AS terhadap konsulat China di Houston.

Mendekati tenggat waktu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam pernyataan tertulis, Senin ini, bahwa premis AS di Chengdu ditutup pada jam 10 pagi. "Otoritas China masuk lewat pintu utama dan mengambil alih gedung tersebut," kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan yang diunggah di media sosial Weibo.

Selama akhir pekan lalu, ratusan orang berkumpul di konsulat AS di kota Chengdu yang berpenduduk 16,5 juta orang. Mereka ber-swafoto dan mengibarkan bendera China.

Emblem diplomatik AS diturunkan pada Sabtu lalu, sementara pada Minggu, pemberesan dilakukan terhadap plakat di luar kompleks kedutaan. Kardus-kardus dimasukkan ke dalam beberapa truk, sementara beberapa staff mempersiapkan penutupan konsulat tersebut.

Peta diplomasi AS-China (AFP)

Peta diplomasi AS-China (AFP)

Chengdu, ibukota dari provinsi Sichuan yang ada di area barat daya China, adalah pos diplomatik yang penting bagi AS. Area ini mencakup area yang besar di negara tersebut, termasuk area otonom Tibet yang kontroversial.

Video yang diunggah ke Twitter oleh Misi Diplomatik China di AS menunjukkan potret lawas ketika konsulat Chengdu diresmikan oleh Wakil Presiden George Bush pada tahun 1985.

"Hari ini, kita berpisah dengan Konsulat Jenderal di Chengdu. Kami akan selalu merindukanmu," tulis postingan resmi dari misi diplomatik tersebut.

Rekomendasi